Hemmen
Bali  

Lapas Karangasem Undang Musisi Lokal Hibur WBP

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Karangasem menampilkan live music dari musisi lokal untuk menghibur Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pada Sabtu (25/11/2023).
Lapas Kelas IIB Karangasem mengundang musisi lokal untuk menghibur Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pada Sabtu (25/11/2023). Foto:Dok.Lapas Karangasem

AMLAPURA , SUDUTPANDANG.ID – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Karangasem menampilkan live music dari musisi lokal untuk menghibur Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pada Sabtu (25/11/2023).

Bertempat di aula Lapaska, seluruh WBP dari blok pria dan blok wanita berkumpul untuk menikmati penampilan musik dari musisi lokal Karangasem ‘Gus Ode & Friends’.

Kemenkumham Bali

Kedatangan musisi lokal ini merupakan bentuk kerja sama dan kepedulian Lapaska serta ‘Gus Ode & Friends’ terhadap kondisi WBP. Mengingat selama menjalani proses pembinaan di dalam Lapaska harus berpisah dengan sanak keluarga, kehilangan pekerjaan sementara dan lain-lain.

Dengan membawakan beberapa lagu, ‘Gus Ode & Friends’ menghibur seluruh WBP untuk sejenak meluapkan isi hati dalam sebuah lirik lagu.

BACA JUGA  Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar Gelar Operasi Gabungan di Ubud

Disaksikan langsung oleh Kepala Lapas Karangasem, Renharet Ginting, seluruh WBP terlihat begitu menikmati setiap lagu yang dibawakan.

Dalam kesempatan itu, Renharet Ginting menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari pembinaan kepribadian WBP.

“Dimana setiap WBP harus dapat jujur dengan kondisi hati, kesedihan harus dilalui bersama agar terasa lebih ringan,” ujar Ginting.

Terpisah, Kakanwil Kemenkumham Bali, Romi Yudianto menyebutkan bahwa perubahan paradigma ‘penjara’ menjadi ‘pemasyarakatan’ menuntut perubahan cara pandang terhadap Lapas yang harus lebih humanis dan membina individu menjadi lebih baik.

“Suasana hati yang gembira akan menuntun setiap langkah WBP untuk menjalani proses pembinaan di Lapaska dengan senang hati dan penuh keikhlasan,” ungkap Romi.

BACA JUGA  IP Talks DJKI: Brand Lokal Makin Dikenal

Romi juga berharap melalui program yang diadakan oleh Lapas Karangasem tersebut dapat mengawal dan membina WBP dengan baik. Hal ini sejalan dengan semangat pemasyarakatan sesungguhnya yakni memanusiakan manusia agar lebih baik di masyarakat.(One/01)

Ucapan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H DPP Mahasi