Mayjen TNI Maruli Simanjuntak Terpilih Jadi Ketua Umum PB PJSI

  • Bagikan
Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., terpilih sabagai Ketua Umum Pegurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (Ketum PB PJSI) Masa Bakti 2021-2026/Foto:dok.PB PJSI

“Tinta emas di dunia olahraga bela diri judo juga diraih oleh pria kelahiran Bandung ini pada saat masih berpangkat Perwira Pertama (Pama) di Korps Baret Merah sebagai atlet judo tingkat nasional maupun internasional.”

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Mayjen TNI Maruli Simanjuntak secara aklamasi terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PB PJSI) masa bakti 2021 – 2026 dalam Musyawarah Nasional (Munas) PB PJSI di Kantor KONI Pusat, Jakarta, Minggu (29/8/2021).

Pangdam IX/Udayana ini akan menggantikan Jenderal TNI (Purn) Mulyono Ketum PB PJSI Masa Bakti 2016 – 2021.

BACA JUGA  Jelang Final Vs Inggris, 3 Orang di Timnas Italia Positif Covid-19

Sosok Maruli Simanjuntak bukanlah wajah baru dalam olahraga Judo di Tanah Air. Lulusan Akademi Militer 1992 ini, tercatat memiliki sederet prestasi dalam berbagai kejuaran bela diri asal Jepang ini.

Prestasi yang diraihnya antara lain pada Kejuaraan Pangab Cup Tahun 1994 berhasil meraih medali emas di kelas 70 kg dan medali perak pada kelas bebas. Selanjutnya, pada tahun 1995 di Kejuaraan Militery Asean 1994 berhasil meraih medali emas di kelas 70 kg dan medali perak pada kelas bebas.

Foto:dok.PB PJSI

Pada Kejuaraan Kapolri Cup 1996 dan Wismoyo Cup 1996 berhasil meraih medali perak. Kemudian, pada tahun 1997 Kejuaraan Pangab Cup meraih medali perak di kelas 70 Kg dan di kelas bebas.

Tinta emas di dunia olahraga bela diri judo juga diraih oleh pria kelahiran Bandung ini pada saat masih berpangkat Perwira Pertama (Pama) di Korps Baret Merah sebagai atlet judo tingkat nasional maupun internasional.

Semasa menjabat Dantim Yon 12 Grup 1 Kopassus, Lettu Inf Maruli Simanjuntak menjuarai Kejuaraan Judo Military Asean Philipina Tahun 1997 di kelas 71 kg yang diikuti oleh 7 negara. Ia pun dinobatkan sebagai atlet terbaik. Selain itu, pernah mengikuti pelatihan TC Judo Kopassus-Korea pada tahun 1996 sampai 1999.

Foto:dok.PB PJSI

Munas PB PJSI

Terkait Munas PB PJSI yang dilaksanakan pada hari ini, berdasarkan keterangan Ketua Umum PB PJSI periode 2016 – 2021, bahwa dengan telah berakhirnya kepengurusan pada bulan Juli 2021. Kemudian, PB PJSI akan menggelar Munas pada 26 – 27 Juni 2021 lalu di Hotel Arra Lembah Pinus, Ciloto, Cianjur, Jawa Barat, yang juga merupakan Padepokan Judo Indonesia (PJI).

BACA JUGA  2 Gol Ronaldo yang Berujung Tangisan Juventus

Namun dengan meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, maka pelaksanaan Munas PJSI yang digelar secara langsung atau offline ditunda.

Foto:dok.PB PJSI

Mengingat situasi Covid-19 masih meningkat, maka dari PB PJSI melaksanakan konsultasi dengan KONI Pusat pada 10 Agustus 2021. Munas pun bisa dilaksanakan secara virtual, sesuai dengan AD/ART KONI Tahun 2021 Pasal 44 tentang Keadaan Kahar/Force Majeure.

Dengan dasar tersebut, sesuai dengan regulasi PB PJSI merencanakan Munas secara virtual Minggu, 29 Agustus 2021 di Kantor KONI Pusat Jakarta. Munas diikuti oleh seluruh Pengprov PJSI beserta 6 perwakilan Pengprov yang hadir secara offline utusan masing-masing calon Ketua Umum. Hal ini sesuai dengan Rancangan Tata Tertib yang telah disampaikan pada 19 Agustus 2021.(one)

  • Bagikan

Comment