Hemmen
Berita  

Pasar Jaya Siap Renovasi Penampungan Pedagang Pasar Senen

Dok.Ant

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Perumda Pasar Jaya siap untuk merenovasi penampungan sementara pedagang terdampak revitalisasi Blok VI Pasar Senen, Jakarta Pusat usai adanya unjuk rasa para pelaku ekonomi sektor riil itu di Balai Kota.

“Kita juga sudah fasilitasi keinginan dari para pedagang terkait merenovasi penampungan dan parkir sementara yang sudah mengalami kerusakan,” kata Dirut PD Pasar Jaya Agus Himawan dalam audiensi bersama pedagang di Balai Kota, Jakarta, Rabu.(2/8/2023)

Agus menuturkan sesuai dengan perintah Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk segera menyelesaikan Blok VI yang sempat terhambat karena pandemi COVID-19.

Selain itu, dia juga tidak menampik adanya masalah keuangan dengan mitra lama dalam program revitalisasi ini sebagai salah satu alasan mengapa revitalisasi itu disebut mangkrak.

BACA JUGA  Penderita Epilepsi Jadi Korban Penganiayaan

Mengatasi hal tersebut, pihaknya sudah berkoordinasi dengan melakukan koordinasi oleh Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat terkait masalah tersebut.

“Sudah kita sampaikan insyallah akhir Februari tahun depan sudah mulai dilakukan pembangunan. Karena kita harus menyelesaikan dulu masalah yang lama,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu pedagang yang ditemui di Balai Kota, Reynhard Sinaga mengaku penampungan sementara yang ditempati memiliki batas waktu sehingga dirinya khawatir tidak memiliki tempat berjualan kembali.

“Sudah ganti lima kali gubernur dan rencana pembangunan itu sejak 2010 karena pasar kita sudah beberapa kali kebakaran,” ujar Reynhard.

Menurut Reynhard, sudah lima tahun pihaknya menyampaikan aspirasi, namun tidak diterima Perumda Pasar Jaya tanpa alasan yang jelas, sehingga kini disampaikan langsung ke Balai Kota.

BACA JUGA  Onic Esports Juara MPLI 2022

Terlebih, pihaknya juga mengalami penurunan omzet selama berada di penampungan tersebut, meski sudah rutin membayar biaya pengelolaan pasar melalui sistem Cash Management System (CMS).

“Kalau penurunan omzet ya lebih dari 50 persen, bagaimana pelanggan datang, parkir enggak ada dan mereka kena razia,” katanya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan anggaran sebesar Rp116,9 miliar untuk revitalisasi Pasar Senen Blok I dan Blok II yang terbakar pada Januari 2017.(03/Ant)

Kesbangpol Banten