Pelabuhan Manado Berbenah, Pelayanan Penumpang Kapal Laut Semakin Aman dan Nyaman

Pelabuhan Manado
Salah satu sudut ruangan di Pelabuhan Manado/dok.Kemenhub

Manado, SudutPandang.id-Pelabuhan di Indonesia terus berbenah dan menata diri agar dapat memberikan pelayanan dan kenyamanan bagi para penumpang kapal. Salah satunya kondisi terminal penumpang di Pelabuhan Manado yang saat ini sudah ditata dengan baik.

“Alur penumpang di terminal penumpang Pelabuhan Manado sudah dibenahi agar proses kedatangan dan keberangkatan penumpang kapal menjadi lebih tertib, aman dan nyaman. Pembenahan kami lakukan untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang, khususnya saat Angkutan Laut Natal 2019 dan Tahun Baru 2020,” ujar Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Manado Capt. Mozes Imanuel Karaeng dalam keterangan pers, Selasa (31/12/2019).

Kemenkumham Bali

Pada tahun ini, jelasnya, pihaknya mencatat terjadi kenaikan jumlah penumpang dibanding hari-hari biasanya. Misalnya saja pada hari Senin (30/12/2019) kemaarin, tercatat jumlah penumpang naik sebanyak 3.680 orang dan penumpang turun sebanyak 713 orang. Total armada kapal yang melayani penumpang saat Angkutan Nataru tahun ini sebanyak 20 unit kapal.

BACA JUGA  Kapal Tenggelam, 14 Orang Awak Kapal Dilaporkan Selamat
Counter Penjualan Ticket
Counter penjualan ticket di Pelabuhan Manado/dok.Dithubla Kemenhub

“Pelabuhan Manado telah diberlakukan area steril jadi hanya penumpang yang punya tiket yang bisa masuk ke area steril pelabuhan. Untuk wilayah steril di area dermaga 1, 2, dan 3, keluar masuknya penumpang sudah dapat dikontrol dengan melakukan pengaturan alur (flow),” jelasnya.

“Namun demikian, karena ada kantor dan aktifitas lainnya di sekitar area tersebut sehingga belum dapat dikontrol sepenuhnya. Kedepan kami akan terus melakukan perbaikan terhadap kekurangan yang ada sehingga dapat meberikan pelayanan optimal kepada masyarakat,” sambung Capt. Mozes.

Pelabuhan Manado
Dok.Dithubla Kemenhub

Sebelumnya, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Umiyatun Hayati Triastuti melakukan monitoring kesiapan Angkutan Nataru berdasarkan IM no. 9 tahun 2019.

BACA JUGA  IPC TPK Layani Rute Baru Meratus Line PNG Service

Hayati memberikan arahan kepada jajaran KSOP Manado untuk meningkatkan ketertiban penumpang dengan melakukan pembenahan khususnya di area terminal penumpang.

“Pentingnya keselamatan pelayaran sehingga diperlukan kesadaran dari seluruh pihak untuk dapat bersama-sama mewujudkan keselamatan pelayaran,” tegas Hayati.(bmg)

Tinggalkan Balasan