Pelancong Arab Saudi dan Malaysia Paling Banyak Terpapar Covid Saat Tiba di Indonesia

  • Bagikan
dok.CNN

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Siti Nadia Tarmizi selaku Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Ditjen P2P Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebutkan, pelancong Arab Saudi dan Malaysia paling banyak terkonfimasi positif Covid-19, saat tiba di Indonesia.

“Catatan hasil positif Covid-19 tinggi setelah sampai di Indonesia pada periode tersebut adalah negara Arab Saudi (15 persen), Malaysia (8 persen), Uni Emirat Arab (3 persen), Korea Selatan (2 persen) dan Jepang (2 persen),” kata Nadia dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (10/9/2021).

Nadia mengatakan, selama bulan Agustus, tercatat 4,5 persen pelaku perjalanan internasional terpapar Covid-19 dari total kedatangan 36.722 orang.

“Lima negara asal kedatangan dengan catatan hasil positif yang covid-19 tinggi setelah sampai ke Indonesia pada periode tersebut adalah Arab Saudi, Malaysia, Turki, Uni Emirat Arab, dan Singapura,” ujarnya.

BACA JUGA  Pengawalan Ambulans di Bekasi Dihentikan Pemotor

Nadia juga mengatakan, dalam kurun waktu 1-6 September tercatat 2 persen pelaku perjalanan internasional terkonfimasi positif Covid-19 dari total kedatangan 7.179 orang.

Lebih lanjut, Nadia mengatakan, mereka positif Covid-19 meski sebelum berangkat telah dinyatakan negatif.

“Pelaku perjalanan tersebut bisa saja warga negara asing yang masuk ke Indonesia dari negara yang disebutkan tadi atau bahkan warga negara Indonesia yang pulang,” pungkasnya.(kom)

BACA JUGA  Berikan Pin Emas Terbanyak ke Lansia, Fogoromas Raih Rekor Dunia dari MURI
  • Bagikan

Comment