Pemkab Asahan Ikuti Rakornis TMMD ke-115 Secara Virtual

Jajaran Pemerintah Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, mengikuti Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) KE-115 tahun 2022 bertema "TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI" secara virtual di Aula Mawar, Kantor Bupati Asahan, Kamis (29/9/2022). FOTO:Diskominfo Asahan

ASAHAN, SUDUTPANDANG.ID – Jajaran Pemerintah Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, mengikuti Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) KE-115 tahun 2022 bertema “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI” secara virtual di Aula Mawar, Kantor Bupati Asahan, Kamis (29/9/2022).

Hadir dalam kegiatan itu Wakil Bupati Asahan, Taufik Zainal Abidin Siregar, S.Sos., M.Si, Plh Sekda, Buwono Prawana, Dandim 0208/AS, Letkol (Inf) Franki Susanto, perwakilan personel TNI, dan para kepala OPD.

IMG-20220125-WA0002

Rakornis tersebut dipimpin oleh Aster Kasad, Mayjen TNI Karmin Suharna, SIP, MA.

Pada kesempatan tersebut, Aster Kasad Karmin Suharna menekankan kepada para satuan yang melaksanan program TMMD di wilayahnya agar tugas ini dapat dilaksanakan dengan ihklas dan penuh dengan rasa tanggung jawab.

“Program TMMD merupakan kegiatan lintas sektoral dengan kementerian atau lembaga pemerintah non-kementerian dan komponen masyarakat yang dilaksanakan secara gotong-royong, serta bukan domain dari TNI Angkatan Darat saja,” katanya.

Ia meminta semua elemen untuk manfaatkan kegiatan TMMD sebagai momen untuk menjalin kemanunggalan TNI dan rakyat.

“Tentunya dengan memberikan profil prajurit masa kini yang patut diteladani, cerdas namun santun dan ramah sehingga masyarakat dapat menyambut baik kehadiran kita,” katanya.

Untuk itu, kata dia, perlu adanya kerja sama, sinergi, koordinasi dan keterlibatan berbagai pihak terkait, karena dalam pelaksanaannya nanti akan banyak instansi yang terlibat, baik dari TNI sendiri, Polri dan masyarakat setempat.

“Oleh karena itu para komandan Satgas TMMD agar mematangkan rencana dengan selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah yang sudah dibuat sehingga tujuan dan sasaran TMMD dapat tercapai secara optimal,” katanya.

Sedangkan untuk sasaran nonfisik direncanakan program penyuluhan bela negara, pertanian, hukum, kamtibmas, narkoba, kerukunan antarumat beragama serta pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis.

“Laksanakan sesuai dengan prosedur yang ada dan selalu bekerja sama dengan instansi terkait,” kata Karmin Suharna.

Sementara itu Wabup Asahan, Taufik Zainal Abidin menyampaikan kepada para kepala OPD untuk dapat membantu dan mendukung pelaksanaan TMMD ini.

Untuk pelaksanaan, waktu, tempat dan metodenya, Wabup menjelaskan pra-TMMD dimulai dari tanggal 14 September hingga 10 Oktober 2022.

Sementara itu untuk waktu pelaksanaan TMMD 2022 dimulai dari tanggal 11 Oktober hingga 9 November 2022.

Untuk tempat pelaksanaannya di Kecamatan Silau Laut dan Kecamatan Sei Kepayang Timur dan upacara pembukaan pada tanggal 11 Oktober 2022 di Lapangan Desa Silo Baru.

Untuk upacara penutupan pada tanggal 9 November 2022 di Lapangan Kecamatan Sei Kepayang.

Metode pelaksanaannya yaitu bakti TNI, yakni kerja sama antara TNI, pemerintah daerah dan instansi lain, serta komponen masyarakat.

Dandim 0208/AS, Letkol (Inf) Franki Susanto menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan ini.

Maksud dari kegiatan ini yaitu memberikan gambaran pada Pemkab Asahan tentang kesiapan program TMMD ke-115 Tahun 2022 di wilayah Kecamatan Silau Laut dan Kecamatan Sei
Kepayang Timur Kabupaten Asahan.

Ia menambahkan tujuan kegiatan ini, sebagai pedoman bagi satgas pelaksana TMMD ke-115 Tahun 2022 di wilayah Kecamatan Silau Laut dan Kecamatan Sei Kepayang Timur dalam pelaksanaan kegiatan selanjutnya.

Dandim 0208/AS menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Asahan yang mendukung pelaksanaan TMMD ini serta OPD yang berpartisipasi dalam mendukung pelaksanaan kegiatan ini. (Red)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.