JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID –Pengusaha sekaligus selebgram Reisha Novandita, tak pernah menyangka cuan deras bakal mengalir dari hobinya yakni travelling.
Hal itu berawal dari senang jalan-jalan ke Thailand dengan sang suami, ia melihat peluang bagus untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah.
Banyak teman dan saudara yang titip belanja ke Reisha selama di Thailand. Dari sini lambat laun dia punya pelanggan setia yang lebih banyak lagi untuk titip belanjaan dari Negeri Gajah Putih itu. Saat ini, profesi ini lebih dikenal sebagai jastip (jasa titip)
“Jadi awalnya aku seneng travelling. Terus buka jastip deh saya sama suami waktu di Thailand. Itu kan viral banget (produk kecantikan dari Thailand). Terus akhirnya suami bilang ‘Kenapa nggak bikin brand sendiri? Dari pada capek-capek bolak-balik ke Thailand’. Akhirnya kita cari pabrik untuk bikin brand skincare dan berawal dari jastip malah jadi pengalaman jualan dan sekarang bikin brand sendiri,” ucap Reisha dalam keterangan tertulisnya, Kamis (26/10/2023).
Dia juga bercerita bahwa tahun 2018 jadi momen pertama untuk Reisha menemukan racikan yang tepat untuk brand skincare nya. Noera, jadi nama yang dipilih untuk mereknya.
Mulanya, Noera merilis produk pertama yakni handbody. Barulah kemudian collagen drink yang tak disangka-sangka langsung booming. Kata dia, ada kecenderungan market yang memang mencari produk bukan hanya untuk kesehatan kulit tapi juga mencerahkan.
“Jujur orang Indonesia itu sampai sekarang paling banyak mencari produk yang whitening. Makanya waktu awal-awal itu booming banget memang produk itu. Terus kita malah makin dikenal itu collagen nya. Itu sudah dapat Top Brand sampai dua kali (2022-2023),” kata Reisha.
“Karena kan kita juga butuh skincare dari dalam untuk boost skincare dan menyehatkan kulit. Jadi tahun 2018 itu booming dan kolagen memang belum banyak. Itu produk kedua, yang pertama rilis itu lotion,”sambungnya.
Meski demikian Reisha mengaku ia sudah kenyang dengan kegagalan dalam berbisnis. Jadi, kesuksesannya memang tidaklah instan. Hanya Reisha termasuk memiliki jiwa pengusaha yang kuat, sehingga mau untuk bangkit lagi dan belajar dari kesalahan.
“Saya merasa yakin waktu bisnis Noera, karena sebelum memulai bisnis udah beberapa kali memulai bisnis yang lain. Gagal itu nggak cuma sekali tapi berkali-kali. Dari situ saya belajar,” ceritanya.
Awal berdagang merek skincare Noera memang membuatnya berdarah-darah. Tapi ia getol untuk mencoba dan menawarkan. Terlebih ia cukup beruntung karena punya banyak pelanggan setia yang jadi pasarnya untuk berjualan
Kerja kerasnya membuahkan hasil. Kini, brand Noera dikenal se-Indonesia. Bahkan memiliki produk unggulan lainnya salah satunya pencerah ketiak. Lebih mengejutkannya lagi, saat pandemi ia mengaku justru mengalami keuntungan 10 kali lipat.
“Dulu kan marketnya sudah ada dari yang jastip itu. Jadi awalnya dari situ. Terus waktu pandemi ini malah untungnya banyak, bisa sampai 10 kali lipat karena kan orang maunya belanja online semua ya. Jadi, intinya kalau mau mulai usaha, jangan menyerah dan terus berinovasi. Jangan takut gagal karena gagal itu hal yang biasa,” pesan Reisha.
“Berkat konsistensinya, akun Tiktok @noerabeauty pun di ikutin sekitar 750 ribu followers dan akun Instagram @noerabeautycare diikutin sekitar 500 ribu followers dan @noeraskincare,” sambungnya.(04)