“Harapan ke depannya, RSUD Kaur dapat menjadi icon masyarakat Kaur dalam mengatasi setiap masalah kesehatan yang mereka alami. Kita juga akan terus berupaya untuk menjadikan RSUD Kaur mampu sejajar dengan dengan rumah sakit di daerah lain yang lebih dulu maju, dengan mengevaluasi dan mendengarkan kritikan dan keluhan dari masyarakat pada umumnya.”
KAUR-BENGKULU, SUDUTPANDANG.ID – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu, senantiasa meningkatkan pelayanan terbaiknya dalam menjalankan tugas dan fungsinya untuk melayani masyarakat.
Sebagai institusi pelayanan kesehatan yang dimiliki pemerintah daerah, RSUD Kaur dituntut untuk selalu melakukan perubahan, agar pelayanan itu dapat sesuai dengan harapan dan kebutuhan pelanggan yaitu masyarakat.
RSUD merupakan suatu kebanggaan bagi Kabupaten Kaur yang tergolong usianya masih muda sebagai daerah pemekaran.
Direktur RSUD Kaur, Naek Subroto Sinaga melalui Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) Nilis Nurhayati, menyatakan siap meningkatkan pelayanan terbaik bagi masyarakat.
“Kami selalu berupaya meningkatkan kualitas pelayanan dengan cara memberikan pelayanan sebaik-baiknya sesuai dengan standar pelayanan yang ada, baik kepada pasien yang rawat inap maupun kepada pasien yang rawat jalan,” ujar Nilis Nurhayati kepada awak media, Jumat (28/8/2024) lalu.
Pihaknya juga selalu berupaya meningkatkan fasilitas di rumah sakit dari tahun ke tahun.
“Selalu ada saja program baru, untuk perubahan fisik yang kita lakukan. Bandingkan dengan kondisi pada tahun-tahun sebelumnya dengan keadaan sekarang dari segi fisiknya,” katanya.
Kendati demikian, pihaknya mengakui masih banyak kekurangan-kekurangan. Antara lain beberapa fasilitas gedung yang sudah rusak, dan peralatan masih kurang lengkap.
“Tapi itu bukan berarti tidak menjadi perhatian dan prioritas kita. Dengan keterbatasan anggaran yang ada, kita tetap berupaya melakukan perbaikan dengan cara bertahap,” jelas Nilis.
Ia mengungkapkan, sekarang ada satu gedung yang sedang dalam taraf pekerjaan.
“Itu jadi salah satu bukti bahwa kita memang serius untuk menjadikan RSUD Kaur lebih baik lagi,” katanya.
Ikhtiar dan Terobosan
Pihaknya juga selalu melakukan berbagai ikhtiar dan terobosan bersama Pemkab Kaur untuk selalu menambah anggaran setiap tahunnya.
“Hal itu untuk meningkatkan kualitas dan sarana penunjang yang menjadi kebutuhan kita untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kaur,” paparnya.
Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga selalu memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) guna memenuhi standar pelayanan dengan menambah jumlah tenaga kesehatan yang kompeten di bidangnya untuk ditempatkan sebagai penguatan pelayanan.
“Harapan ke depannya nanti RSUD Kaur dapat menjadi icon masyarakat Kaur dalam mengatasi setiap masalah kesehatan yang mereka alami. Kita juga akan terus berupaya untuk menjadikan RSUD Kaur mampu sejajar dengan dengan rumah sakit di daerah lain yang lebih dulu maju, dengan mengevaluasi dan mendengarkan kritikan dan masukan dari masyarakat,” pungkasnya.(Lenin/01)