Berita  

Sambut Putin, Patung Kosmonot Yuri Gagarin Akan Dipasang di Jakarta

Kolase Kosmonot Yuri Gagarin dan Presiden Rusia Vladimir Putin/sp

Jakarta, Sudut Pandang.id-Patung manusia pertama yang mengorbit ke luar angkasa, kosmonot Yuri Gagarin, rencananya akan di pasang di salah satu taman di Jakarta pada tahun 2020 nanti. Hal tersebut berkaitan dengan kedatangan Presiden Rusia Vladimir Putin tahun depan.

“Presiden Putin akan berkunjung ke Indonesia, dalam rangka 70 tahun kerja sama diplomatik Indonesia-Rusia,” sebut Menko Polhukam Mahfud MD, usai bertemu Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Georgievna Vorobieva di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (20/12/2019) lalu.

IMG-20220125-WA0002

“Semula dijadwalkan di Februari, tetapi mungkin jadi dalam paruh pertama tahun 2020. Jadi, sebelum lewat tahun itu,” sambung mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu.

Melansir laman akun twitter Kedutaan Rusia, patung Yuri Gagarin direncanakan dipasang di salah satu taman di Jakarta dengan bantuan Kedutaan Besar Rusia bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta.

Yuri Gagarin merupakan manusia pertama yang terbang selama 108 menit ke luar angkasa dengan pesawat roket Vostok 1. Pria ini lahir di desa Klushino, dekat Gzhatsk, di Smolensk Oblast, Rusia, pada 9 Maret 1934.

Gagarin yang memiliki nama lengkap Yuri Alekseyevich Gagarin merupakan anak ketiga pasangan Alexey Ivanovich Gagarin, seorang petani dan juga tukang kayu, sementara ibunya, Anna Timofeyevna bekerja sebagai pemerah susu.

Keberhasilan Yuri Gagarin mengorbit ke luar angkasa ini kemudian melahirkan insprasi dibuatnya patung Tugu Pancoran oleh Presiden RI pertama Soekarno. Dengan pembangunan patung itu Bung Karno ingin menyampaikan pesan agar anak muda Indonesia mempunyai kemampuan seperti Yuri Gagarin.(gus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.