Singkirkan Prancis, Swiss Tantang Spanyol di Perempat Final

  • Bagikan
Swiss berhasil mengalahkan Prancis di babak 16 besar Euro 2020 melalui adu pinalti/Foto:dok.Twitter

SUDUTPANDANG.ID – Swiss membuat kejutan di babak 16 besar Euro 2020 (Euro 2021) setelah berhasil menyingkirkan Prancis melalui adu pinalti dengan skor 5-4. Swiss pun melaju ke perempat final menantang tim matador Spanyol.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Nasional Arena, Selasa (29/6/2021) dini hari WIB, kedua tim bermain imbang 3-3 hingga babak tambahan berakhir.

Swiss unggul lebih dahulu lewat sundulan Haris Seferovic pada menit ke-15 usai menerima umpan silang Steven Zuber dari sisi kiri.

BACA JUGA  Soal Prancis, Ini Pernyataaan Resmi Presiden Jokowi

Prancis baru dapat menyamakan kedudukan di babak kedua pada menit ke-57 melalui sepakan Karim Benzema yang memanfaatkan assist Kylian Mbappe.

Benzema kembali mencetak gol keduanya ke gawang Swiss. Gol berawal dari umpan terobosan Mbappe kepada Antoine Griezmann.

Penyerang Barcelona itu melob bola yang bisa ditepis Sommer. Akan tetapi, bola justru mengarah kepada Benzema yang berada di tiang jauh. Dengan sundulan, Benzema membawa Prancis berbalik unggul pada menit ke-59.

Paul Pogba beraksi menambah keunggulan Prancis pada menit ke-75. Bola rebound tendangan Benzema yang diblok pertahanan Swiss mengarah ke Pogba. Tanpa kesulitan Pogba melepaskan tendangan melengkung ke pojok kiri atas gawang Swiss yang tidak bisa dijangkau kiper Yann Sommer.

Meski tertinggal, Swiss tak kehilangan semangat. Tim besutan Vladimir Petkovic ini terus memberikan perlawanan pada sisa pertandingan.

BACA JUGA  Mulai Panas, Der Panzer Gilas Portugal 4-2

Hasilnya, Seferovic mencetak gol keduanya pada laga itu dengan sundulan memaksimalkan umpan silang Kevin Mbabu dari sisi kanan.

Kemenangan Prancis yang sudah di depan mata buyar setelah Mario Gavranovic berhasil menyamakan skor jadi 3-3 pada menit ke-90. Gol Gavranovic tercipta hasil umpan terobosan Granit Xhaka.

Babak Tambahan

Di babak tambahan, Kingsley Coman sempat memberikan ancaman. Tetapi tendangannya masih menyamping di sisi kanan gawang Swiss pada menit ke-98.

Moussa Sissoko memiliki peluang gol pada menit ke-101. Namun tendangan voli Sissoko usai mendapat bola dari sisi kiri masih jauh dari target.

BACA JUGA  UEFA Nations League, Inggris Kalahkan Belgia 2-1

Kylian Mbappe membuang peluang emas Les Bleus guna kembali unggul 4-3 atas Swiss pada menit ke-110. Pada saat itu, Mbappe menerima umpan terobosan Pogba.

Usai lolos dari jebakan offside, Mbappe berada dalam posisi yang ideal mencetak gol, akan tetapi, tendangan kaki kirinya justru masih menyamping di sisi kiri gawang Swiss.

Olivier Giroud yang masuk di babak kedua mendapatkan peluang gol terbaiknya pada menit ke-119. Hanya saja, sundulan Giroud menyambut umpan silang Presnel Kimpembe bisa ditangkap Sommer.

Tanpa gol di babak tambahan, duel Prancis vs Swiss di babak 16 besar Euro 2020 berlanjut ke adu penalti.

BACA JUGA  Ria Norsan: Kalah Adalah Kemenangan yang Tertunda

Susunan Pemain:
Prancis: Lloris, Varane, Lenglet, Kimpembe, Pavard, Pogba, Kanté, Rabiot, Griezmann; Benzema, Mbappe.

Swiss: Sommer, Elvedi, Akanji, Rodriguez, Widmer, Freuler, Xhaka, Zuber; Shaqiri, Embolo, Seferovic.(red)

BACA JUGA  2 Gol Ronaldo yang Berujung Tangisan Juventus
  • Bagikan

Comment