PASURUAN – JATIM | SUDUTPANDANG.ID – Dalam upaya mendorong peningkatan kompetensi profesional pendidik di era pembelajaran modern, SMP Negeri 4 Pasuruan sukses menyelenggarakan kegiatan Writing Skills Training: From Scrolling to Learning, yang dilaksanakan pada Jumat, 13 Juni 2025. Acara ini berlangsung mulai pukul 09.00 hingga 11.00 WIB di Lab Komputer I SMP Negeri 4 Pasuruan, dengan dihadiri oleh para guru dari berbagai rumpun mata pelajaran.
Kegiatan pelatihan ini secara khusus menghadirkan narasumber utama Rani Darmayanti, M.Pd., C.Ed., C.Ht., C.PST., C.SM., C.ITE., seorang pakar pendidikan sekaligus praktisi berpengalaman di bidang pengembangan profesionalisme guru, publikasi ilmiah, serta pengelolaan jurnal. Dengan penguasaan berbagai sertifikasi kompetensi nasional dan internasional, Ibu Rani Darmayanti memandu para peserta menggali lebih dalam tentang pentingnya keterampilan menulis ilmiah bagi guru.
Dalam sambutan pembukaannya,# Kepala SMP Negeri 4 Pasuruan, Makhrus Siddiq, S.Psi., M.Pd.I., menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen sekolah dalam mewujudkan budaya akademik di kalangan tenaga pendidik. “Menulis bukan sekadar menuangkan gagasan, tetapi juga bagian dari pengembangan profesional guru, penguatan refleksi pembelajaran, serta kontribusi nyata pada pengembangan ilmu pengetahuan,” tutur beliau.
Lebih lanjut, Makhrus Siddiq menegaskan bahwa guru di era digital tidak hanya dituntut mampu mengelola kelas secara efektif, namun juga harus memiliki kapasitas literasi ilmiah yang mumpuni. Dengan kemampuan menulis karya ilmiah yang baik, guru dapat mendokumentasikan praktik baik dalam pembelajaran, serta berkontribusi dalam pengembangan keilmuan yang berbasis pada praktik nyata di kelas.
Dalam sesi materinya, Rani Darmayanti memaparkan berbagai strategi praktis penulisan karya ilmiah yang aplikatif bagi guru. Mulai dari bagaimana memetakan permasalahan pembelajaran, menyusun latar belakang yang argumentatif, merancang metodologi sederhana, hingga menyajikan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) dalam format jurnal yang sesuai dengan standar publikasi.
Beliau juga menekankan pentingnya etika akademik dalam proses penulisan ilmiah, termasuk bagaimana menghindari praktik plagiarisme, memahami kaidah sitasi, serta memanfaatkan berbagai perangkat lunak deteksi similaritas yang saat ini banyak tersedia. “Publikasi ilmiah juga sebagai wujud tanggung jawab intelektual kita sebagai pendidik,” ujar Rani Darmayanti dengan penuh semangat.
Para peserta tampak antusias mengikuti setiap sesi yang disampaikan. Melalui pendekatan workshop, peserta berkesempatan langsung untuk mempraktikkan pembuatan draft artikel ilmiah berbasis praktik pembelajaran masing-masing. Interaksi aktif, diskusi kelompok, serta sesi tanya-jawab memperkaya dinamika pelatihan hari itu.
Salah satu peserta, Ibu Nurul Mawaridah, guru Prakarya dan Kewirausahaan, menyampaikan kesannya usai mengikuti pelatihan. “Kegiatan ini sangat membantu kami, terutama dalam memahami bagaimana menulis artikel ilmiah dengan sistematis dan sesuai kaidah. Kami jadi lebih percaya diri untuk mulai menulis dan mengirimkan karya ke jurnal terakreditasi,” ujarnya.
Acara ini terselenggara atas kerja sama antara SMP Negeri 4 Pasuruan dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Publikasi, Plagiarisme, Pengelolaan Jurnal dan HAKI (UPT P3H) Universitas Nahdlatul Ulama Pasuruan. Kerja sama ini diharapkan mampu memperluas jejaring profesionalisme guru dalam ranah publikasi ilmiah sekaligus memberikan dampak positif terhadap peningkatan mutu pembelajaran di sekolah.
Menutup kegiatan, Kepala Sekolah berharap agar pelatihan ini menjadi langkah awal bagi para guru untuk aktif menulis dan mempublikasikan karya ilmiahnya secara berkelanjutan. “Semoga ilmu yang diperoleh hari ini bisa menjadi bekal berharga untuk mengembangkan praktik pembelajaran yang lebih baik di kelas, serta menumbuhkan budaya literasi ilmiah di lingkungan SMP Negeri 4 Pasuruan,” pungkas Bapak Makhrus Siddiq.
Dengan terselenggaranya kegiatan ini, SMP Negeri 4 Pasuruan kembali menegaskan komitmennya dalam mendorong penguatan kapasitas sumber daya manusia pendidik demi terwujudnya mutu pendidikan yang unggul, profesional, dan adaptif terhadap tantangan zaman.(ACZ)