Hemmen

Tahun Ini Jumlah Penumpang Kapal di Pelabuhan Sampit Meningkat

Pelabuhan Sampit
Pelabuhan Sampit/dok.Dithubla Kemenhub

Sampit, SudutPandang.id-Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Posko Terpadu Angkutan Laut Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru), Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub mencatat jumlah penumpang pada tahun ini mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun lalu.

“Menjelang liburan Natal dan Tahun Baru, total jumlah penumpang hingga hari ini berjumlah 3.084 orang atau meningkat sebesar 40% dibandingkan dengan tahun 2018,” kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Sampit, Capt. Thomas Chandra, dalam keterangan pers Selasa (31/12/2019).

Idul Fitri Kanwil Kemenkumham Bali

Capt. Thomas menjelaskan, di Pelabuhan Sampit telah disiapkan empat kapal yang melayani angkutan liburan Nataru.

“Adapun keempat kapal tersebut antara lain KM. Kelimutu, KM. Kirana I, KM. Kirana III dan KM. Bhari Indonesia yang sudah melalui Uji Petik sebelum datangnya liburan Natal dan tahun baru,” ungkap Capt. Thomas.

BACA JUGA  Kapal Ikan Berbendera Vietnam Ditangkap Bakamla RI di Laut Natuna
Pelabuhan Sampit
Dok.Dithubla Kemenhub

Ia menerangkan, dalam rangka memberikan pelayanan serta pengawasan terbaik bagi para calon penumpang yang akan memanfaatkan waktu liburan Tahun Baru 2020, pihaknya tetap berusaha memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengguna jasa transpotasi laut.

“Kami bersama dengan PT. Pelindo, PT. Pelni dan PT. DLU berkomitmen untuk tetap memberikan pelayanan yang terbaik, hal ini kami lakukan hanya untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi penumpang,” ujar Capt. Thomas.

Saat keberangkatan kapal KM. Kelimutu, ia menegaskan kepada semua operator dan para Nakhoda serta ABK Kapal agar memperhatikan alat-alat keselamatan seperti alat navigasi dan selalu mengutamakan keselamatan.

Pelayanan di Pelabuhan Sampit
Pelayanan di Pelabuhan Sampit/Dok.Dithubla Kemenhub

“Kami juga selalu berkoordinasi dan melakukan sinergi dengan instansi terkait dan Pemda setempat dalam melayani para pengguna jasa transportasi laut,” katanya.

BACA JUGA  IPC TPK Gelar Evaluasi Layanan Melalui Survei Pelanggan

Salah satu penumpang kapal KM. Kirana III, Siti mengakui pelayanan di Pelabuhan Sampit sangat memuaskan terutama kesigapan para petugas serta fasilitas pelabuhan yang semakin baik.

“Saya senang dengan petugas, mereka ramah-ramah dan sering menolong para penumpang termasuk yang membawa bayi, fasilitas di Pelabuhan seperti toiletnya juga bersih,” tutur Siti.(bmg)

Barron Ichsan Perwakum

Tinggalkan Balasan