Hemmen

Tojo Una-Una-Sulteng Dilanda Gempa Magnitudo 5,4

Petugas BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Palu memantau perkembangan setelah gempa bermagnitudo 5,4 yang berpusat di barat daya Kabupaten Tojo Una-Una, Provinsi Sulawesi Tengah, Jumat (19/1/2024). FOTO: dok.Ant

PALU-SULTENG, SUDUTPANDANG.ID – Gempa bumi dengan magnitudo 5,4 terjadi di wilayah Kabupaten Tojo Una-Una, Provinsi Sulawesi Tengah, Jumat (19/1/2024), demikian dilansir Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Pejabat BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Palu Sofyan di Palu, Jumat (19/1) menjelaskan usai gempa melanda pada pukul 01.36 WITA, lalu diikuti oleh 25 kali gempa susulan.

Idul Fitri Kanwil Kemenkumham Bali

“Gempa bumi yang diawali dengan empat gempa pendahulu bermagnitudo 4,6 dan 3 itu terjadi akibat aktivitas sesar lokal,” katanya.

Menurut siaran informasi dari BMKG, pusat gempa bumi itu berada di darat pada kedalaman 10 kilometer di koordinat 1,10 lintang selatan (LS) dan 121,45 bujur timur (BT), atau sembilan kilometer arah barat daya Tojo Una-Una.
​​​​​​
Sofyan mengatakan berdasarkan lokasi episenter dan hiposenternya gempa bumi itu tergolong gempa bumi dangkal.

BACA JUGA  BMKG: Waspada Dampak Siklon Tropis 94S Berupa Hujan Lebat-Gelombang Tinggi

“Gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami,” katanya.

Menurut BMKG, gempa bumi itu dirasakan pada skala intensitas III-IV MMI di wilayah Tojo Una-Una dan Poso.

Pada skala III MMI, getaran dirasakan nyata di dalam rumah dan terasa seakan ada truk berlalu.

Sedangkan getaran pada skala IV MMI, pada siang hari dirasakan oleh banyak orang di dalam rumah dan beberapa orang di luar rumah serta dapat menyebabkan gerabah gerabah pecah, jendela/pintu berderik, dan dinding berbunyi.

Pihaknya mengimbau warga agar waspada bila sewaktu-waktu terjadi guncangan dan untuk sementara menghindari beraktivitas di sekitar bangunan tinggi.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tengah Andy Sembiring mengatakan bahwa BPBD Kabupaten Tojo Una-Una masih memeriksa dampak gempa bumi yang terjadi pada Jumat dini hari.

BACA JUGA  Muhaimin Iskandar Minta Intervensi Harga Minyak Goreng Dilanjutkan

“Kami masih menunggu perkembangan. Sejauh ini belum ada laporan resmi dari pemda setempat terkait kerusakan bangunan,” katanya. (02/Ant)

Barron Ichsan Perwakum