Hemmen

Tumbuhkan Jiwa Sosial, Ormas Oi Jakarta Utara Gelar Kegiatan Donor Darah

Ormas Oi Jakarta Utara menggelar kegiatan Donor Darah
Ormas Oi Jakarta Utara menggelar kegiatan Donor Darah

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Badan Pengurus Kota Ormas Oi Jakarta Utara, bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) mengadakan kegiatan donor darah di Kantor PMI Jakarta Utara, Senin (28/2).

Oi adalah Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Orang Indonesia (Oi), besutan musisi Virgiawan Listanto atau Iwan Fals. Oi yang merupakan wadah para penggemar Iwan Fals, tersebar di seluruh Indonesia, bahkan sampai ke luar negeri. Hingga saat ini terus berupaya mendukung kemajuan organisasi dan NKRI, salah satunya membangun dan menumbuhkan jiwa sosial dan kepekaan terhadap kehidupan sosial.

Pada gelaran donor darah kali ini terdapat kurang lebih 100 peserta yang berhasil mendonorkan darahnya. Namun ada juga beberapa orang yang tertolak karena tidak lolos screening.

Dr. Firly, penanggung jawab dari PMI Jakarta, mensyaratkan beberapa tahapan sesuai dengan standar PMI bagi pendonor. Sebelum dapat mendonorkan darahnya harus lolos dan melewati beberapa tahap. Di antaranya cek suhu badan, tidak boleh lebih dari 37.5oC serta mengisi formulir dan menjawab semua pertanyaan didalamnya.

“Kemudian menimbang berat badan untuk menentukan berapa banyak darah yang bisa diambil, dimana berat badan minimal adalah 45 kg. Selanjutnya cek HB (Hemoglobin) antara 12.5 – 17 g/dl dan 5, serta tes tekanan darah,” terangnya.

Apresiasi

Ketua PMI Jakarta Utara, Rizal, mengapresiasi kegiatan donor darah yang dilaksanakan Ormas Oi Jakarta Utara. Dirinya berharap kedepan kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan sesering mungkin.

“Semoga darah yang telah berhasil didonorkan hari ini dapat membantu bagi yang membutuhkan, sekaligus membantu PMI dalam penyediaan stok darah, demi kemanusiaan, semoga kegiatan seperti ini, nanti bisa dilaksanakan secara berkesinambungan,” harap Rizal.

Hal senada disampaikan Ketua Umum Ormas Oi, Ainul Hidayat. Dalam sambutannya menegaskan bahwa kegiatan donor darah yang digelar adalah salah satu dari sekian banyak kegiatan sosial yang telah dan akan dilaksanakan Ormas Oi.

“Saya berharap seluruh anggota Ormas Oi, bisa lebih bersinergi dan mampu menjadi agen perubahan, baik dilingkungan kelompok masing-masing, maupun dilingkungan Oi secara keseluruhan,” harap Ainul.

Ainul juga berharap program-program Ormas Oi ke kedepannya bisa semakin kuat. Demikian juga dengan program-program kerja dan kegiatan-kegiatannya semakin bermanfaat, terutama untuk lingkungan sekitar, kehidupan bangsa dan negara.

“Semoga nantinya, Ormas Oi dan seluruh anggotanya menjadi lebih baik, dalam melaksanakan program-program kerja yang  berdaya guna, mampu  menjadi agen perubahan di lingkungan kelompok masing-masing, dan di lingkungan masyarakat, sehingga Ormas Oi bisa semakin berkembang, sejahtera dan berakhlak mulia,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara dengan menerapkan protokol kesehatan, Sekjen Ormas Oi Ian Shabir, Ketua BPK Oi Jakarta Utara, Ahmad Irfan, Pembina BPW Oi DKI Jakarta, Yunus Purnama Batu Bara, Ketua BPW Oi Sulawesi Selatan, Ismail Nurdin, Ketua Panitia Pelaksana, Daeng Chupes serta seluruh anggota Oi dari beberapa kelompok yang ada di Jakarta.(idj)

Kesbangpol Banten

Tinggalkan Balasan