Hemmen

Gelar Rakernas, Ormas Oi Buktikan Organisasi Tak Hanya Sebatas Penggemar Iwan Fals

Oi Iwan Fals
Foto:Dok.idj Oi

“Semoga hasil Rakernas kali ini dapat menjadikan Ormas Oi lebih maju, tumbuh dan berkembang serta bermanfaat untuk masyarakat, bermanfaat bagi kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia bahkan untuk alam raya.”

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Orang Indonesia (Oi), solid satu hati membuktikan diri tidak hanya sebatas menjadi rumah bersama para penggemar musisi legendaris, Iwan Fals. Lebih dari itu, Ormas besutan penyanyi bernama lengkap Virgiawan Listanto yang sudah mendunia ini, terus berupaya mendukung kemajuan organisasi dan berkontribusi untuk NKRI.

“Salah satunya adalah membangun Sumber Daya Manusia (SDM) semua anggota Oi agar menjadi lebih baik, semakin berkembang, sejahtera dan berakhlak mulia,” ujar Ketua Umum Ormas Oi, Ainul Hidayat dalam sambutannya pada acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ormas Oi yang digelar di Jakarta Equestrian Park, Jakarta, Sabtu (22/1/2022).

Pihaknya berharap seluruh anggota lebih bersinergi dan mampu menjadi agen perubahan, baik di lingkungan kelompok masing-masing, maupun di lingkungan Oi secara keseluruhan.

“SOPAN adalah pilar yang akan dijadikan salah satu acuan dalam mendukung terwujudnya visi misi Ormas Oi kedepannya. SOPAN merupakan kepanjangan dari Seni, Olahraga, Pendidikan, Akhlak, dan Niaga, yang selama ini menjadi akar dari program-program Ormas Oi,” jelasnya.

“Semoga dengan pilar SOPAN, program-program Ormas Oi kedepannya bisa semakin kuat, kegiatan-kegiatannya semakin bermanfaat, terutama untuk lingkungan sekitar, untuk kehidupan bangsa dan negara Indonesia,” sambung Ainul.

Ia mengungkapkan, Iwan Fals selaku penggagas dan pendiri Oi, selalu berpesan agar “SOPAN” diperkental lagi.

“Untuk mewujudkan harapan para pendiri Oi, pada khususnya dan seluruh anggota Oi pada umumnya, maka Badan Pengurus Pusat periode tahun 2021 – 2025 mempunyai visi misi, yakni membangun SDM anggota menjadi berkembang, sejahtera dan berakhlak mulia untuk kemajuan organisasi dan NKRI,” papar Ainul.

Masih menurut Ainul, saat ini pihaknya menyelenggarakan pelatihan-pelatihan dan berbagai kegiatan yang berkelanjutan, menjalin kemitraan dengan berbagai pihak demi terwujudnya cita-cita bersama.

“Mari kita sama-sama mewujudkan tujuan atau goals itu dengan membuat program kerja sesuai dengan AD/ART dan visi misi kita. Tentunya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi kekinian, yang saat ini semakin berkembang,” ajak Ainul.

Ainul juga berharap selain mampu menjadi agen perubahan di lingkungan kelompok masing-masing, seluruh anggota sebisa mungkin mengembangkan minat dan bakat serta menggali potensi-potensi, merubah pola pikir untuk menyongsong kehidupan yang lebih baik.

“Semoga hasil Rakernas kali ini dapat menjadikan Ormas Oi lebih maju, tumbuh dan berkembang serta bermanfaat untuk masyarakat, bermanfaat bagi kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia bahkan untuk alam raya,” harap Ainul disambut riuh gemuruh tepuk tangan semangat pengurus dan anggota Oi yang hadir.

Peserta Rakernas

Sebagai informasi, Rakernas Ormas Oi ini dihadiri oleh anggota Ormas Oi dari berbagai daerah di Indonesia. Tercatat hadir sebanyak 8 Badan Pengurus Wilayah (BPW) yakni BPW Oi Lampung, BPW Oi Sulawesi Tengah (Sulteng), BPW Oi DKI Jakarta, BPW Oi Jawa Tengah (Jateng) BPW Oi Sulawesi Selatan (Sulsel), BPW Oi Jawa Timur (Jatim), BPW Oi Banten dan BPW Oi Kalimantan Timur (Kaltim).

Foto:dok.idj Oi

Selain itu, sebanyak 53 Badan Pengurus Kota (BPK), yang juga mengirimkan delegasinya, yakni BPK Oi Bandar Lampung, BPK Oi Pringsewu, BPK Oi Lampung Selatan, BPK Oi Tulang Bawang, BPK Oi Palu, BPK Oi Banggai, BPK Oi Jakarta Utara, BPK Oi Palangkaraya, BPK Oi Kab. Sukabumi, BPK Oi Jakarta Barat, BPK Oi Kab. Bogor, BPK Oi Demak, BPK Oi Karawang, BPK Oi Tulang Bawang Barat, BPK Oi Kapuas Hulu, BPK Oi Cianjur, BPK Oi Banjarmasin, dan BPK Oi Kota Bogor.

Kemudian, BPK Oi Medan, BPK Oi Barru (Sul-Sel), BPK Oi Kab. Serang, BPK Oi Jakarta Pusat, BPK Oi Subang, BPK Oi Sumedang, BPK Oi Kab. Semarang, BPK Oi Solo, BPK Oi Jakarta Selatan, BPK Oi Batang, BPK Oi Pandeglang, BPK Oi Penajam Paser Utara (PPU), BPK Oi Makasar, BPK Oi Cirebon, BPK Oi INHIL, BPK Oi Maros, BPK Oi Lumajang, dan BPK Oi Tasikmalaya.

Selanjutnya, BPK Oi Bantaeng, BPK Oi Magelang Raya, BPK Oi Samarinda, BPK Oi Bandung, BPK Oi Jombang, dan BPK Oi Pangandaran, BPK Oi Kota Semarang, BPK Oi Pekalongan, BPK Oi Bojonegoro, BPK Oi Majalengka, BPK Oi Surabaya, BPK Oi Magetan, BPK Oi Depok, BPK Oi Ciamis, BPK Oi Jepara, BPK Oi Gresik, dan BPK Oi Indramayu.

Rakernas yang dilanjutkan dengan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) tersebut, berlangsung dengan tertib, aman dan lancar, serta tetap menerapkan protokol kesehatan.(red/idj)

Kesbangpol Banten

Tinggalkan Balasan