Hemmen

Ustadz Abu Bakar Baasyir Hadir, Ponpes Ngruki Gelar Upacara HUT Kemerdekaan RI

Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki melangsungkan upacara pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati perayaan HUT ke-78 RI di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis (17/8/2023). FOTO: dok.Ant

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Pendiri sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki di Sukoharjo, Jawa Tengah, Ustadz Abu Bakar Baasyir (ABB), hadir dan mengikuti prosesi upacara pengibaran bendera Merah Putih dari awal hingga akhir pada peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Kamis (17/8/2023).

Hadir pula dalam upacara tersebut Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Mayjen TNI Nisan Setiadi, seperti keterangan tertulis yang diterima di Jakarta.

Kemenkumham Bali

Upacara tersebut menjadi yang kedua kalinya bagi Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki dalam rangka merayakan peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, karena pada 2022 juga digelar kegiatan tersebut.

Pada kesempatan itu Nisan Setiadi mengapresiasi pelaksanaan upacara pengibaran bendera Merah Putih di Pondok Pesantren Ngruki Sukoharjo sebagai inisiatif dari pesantren.

BACA JUGA  Lima Tersangka Hadiri Rekonstruksi Kasus Kematian Brigadir J

Seluruh perangkat upacara dilakukan oleh para pengurus dan santri pesantren tersebut.

“Saya kagum dengan semangat para santri dan terutama inspektur upacara, yang walaupun dengan umur yang sudah lanjut, masih kuat dan tidak ada satu pun kesalahan dalam memimpin pelaksanaan upacara ini,” katanya.

Ustadz Farif Maruf, seorang pimpinan Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki yang bertindak sebagai inspektur upacara, menyampaikan harapannya tentang kemajuan dan persatuan Indonesia.

Menurut dia, persatuan bangsa harus terus dijaga oleh seluruh bangsa Indonesia.

“Tidak ada kemerdekaan tanpa persatuan. Indonesia yang sangat kaya dan beragam ini dikuatkan dengan persatuan,” katanya.

Pelaksanaan upacara kemerdekaan RI diharapkan terus dilaksanakan di Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki Sukoharjo.

BACA JUGA  Usai Divaksin, Warga Pondok Kopi Dapat Hadiah Sekarung Beras

Menurut Farif, kegiatan tersebut menjadi bentuk syukur terhadap kemerdekaan yang telah diraih bangsa Indonesia.

“Sebelum merdeka, bangsa ini menjadi bangsa yang payah dan hina, tetapi kemerdekaan membawa bangsa ini menjadi bangsa yang lebih baik dan maju,” kata Farif Maruf.

Prosesi upacara di Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki Sukoharjo dimulai dengan pembacaan kalam ilahi oleh santri dan dilanjutkan dengan upacara pengibaran Sang Saka Merah Putih.

Setelah upacara, seluruh santri diarahkan masuk ke dalam masjid untuk memanjatkan doa bersama. (02/Ant)

 

Ucapan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H DPP Mahasi