Berita  

Wajah PN Jakarta Selatan dalam Pandangan Wartawan

PN Jaksel
Acara Coffee Morning Ketua PN Jakarta Selatan dengan insan pers di PN Jakarta Selatan, Jumat (8/7/2022)/Foto:istimewa

“Melalui acara coffee morning dengan para awak media yang untuk pertama kali diselenggarakan PN Jakarta Selatan kita saling berdiskusi, meminta saran dan masukan, salah satunya dalam tata kelola informasi pengadilan guna meningkatkan penataan manajemen dalam pelayanan publik.”

JAKARTA, SUDUTPANDANG – Perubahan signifikan sangat terasa saat berkunjung ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan di Jl. Ampera Raya. Meski bangunan lama, mulai dari pintu masuk hingga pintu keluar tampak bersih dan tertata rapi yang membuat pengunjung merasa nyaman.

IMG-20220125-WA0002

Dari sisi pelayanan, keberadaan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) sangat membantu para pencari keadilan. Pelayanan secara terintegrasi dalam satu kesatuan proses mulai dari tahap awal sampai dengan tahap penyelesaian produk pelayanan pengadilan berada satu pintu di PTSP.

Begitu juga dengan kemudahan mendapatkan informasi, Humas PN Jakarta Selatan selalu cepat merespon ketika dikonfirmasi para awak media.

Demikian pandangan yang disampaikan para wartawan saat menghadiri “Coffee Morning” dengan Ketua PN Jakarta Selatan, Saut Maruli Tua Pasaribu, SH, MH, pada Jumat (8/7/2022).

“Dalam pandangan kami, wajah PN Jakarta Selatan banyak perubahan yang signifikan, sebagai mitra kami sangat terbantu dalam menjalankan tugas jurnalistik,” ungkap salah satu wartawan.

Hadir Wakil Ketua PN Jakarta Selatan Wahyu Iman Santoso, Humas PN Jakarta Selatan Djuyamto, Haruno Patriadi beserta pejabat struktural lainnya. Hadir juga Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jaya yang diwakili Wakil Ketua Bidang Organisasi Irmanto bersama para awak media baik cetak maupun media online.

Dalam sambutannya, Ketua PN Jakarta Selatan Saut Maruli Tua Pasaribu mengucapkan terima kasih atas kehadiran para insan pers. Menurutnya, melalui acara silaturahmi dapat memperkuat jalinan sinergitas antara awak media dengan pihak PN Jakarta Selatan. “Keakraban yang terjadi antara kedua profesi dalam mencari fakta suatu perkara merupakan momen awal, mulai saat ini dan seterusnya,” kata Saut.

PN Jaksel
(Kiri-kanan) Wakil Ketua PN Jakarta Selatan Wahyu Iman Santoso, S.H., M.H., Ketua PN Jakarta Selatan Saut Maruli Tua Pasaribu, S.H., M.H., Ketua Bidang Organisasi PWI Jaya Drs. Irmanto, Ketua Seksi Hukum PWI Jaya Dra. Umi Sjarifah, S.H., dan wartawan Detik.com Andi Saputra, S.H., M.H (Foto:istimewa)

Pihaknya berharap segala kegiatan dan capaian kinerja yang dilakukan PN Jakarta Selatan dapat dibantu kalangan jurnalis untuk memberikan informasi kepada masyarakat.

Saut menyatakan akan terus berbenah dalam memberikan pelayanan kepada para pencari keadilan. Sehingga untuk membangun peradilan yang transparansi, akuntabel, dan informatif diperlukan sinergitas bersama insan jurnalis guna membangun penyebaran informasi. “Salah satu upaya perbaikan dalam tata kelola pelayanan kepada pencari keadilan, kami akan me-launching antrian sidang. Jadi nantinya, siapa yang duluan datang akan duluan sidang,” ujar mantan Ketua PN Medan ini.

Pada kesempatan itu, ia juga memuji kepiawaian Djuyamto sebagai Humas PN Jakarta Selatan dalam memberikan informasi kepada para insan pers. “Sejak ada Pak Djuyamto, semua informasi tentang pelayanan pengadilan tersampaikan kepada masyarakat melalui teman-teman media,” tutur Saut Pasaribu.

Palu dan Pena

Djuyamto
Humas PN Jakarta Selatan KRT Dr.(Cand) Djuyamto, S.H., M.H. (Foto:istimewa)

Djuyamto, selaku Humas PN Jakarta Selatan berharap melalui acara ini dapat meningkatkan sinergitas yang sudah terjalin dengan baik dengan para awak media.

“Melalui acara coffee morning dengan para awak media yang untuk pertama kali diselenggarakan PN Jakarta Selatan kita saling berdiskusi, meminta saran dan masukan, salah satunya dalam tata kelola informasi pengadilan guna meningkatkan penataan manajemen dalam pelayanan publik,” ujar Hakim yang dijuluki sahabat wartawan ini.

Pihaknya juga berharap segala kegiatan dan capaian kinerja yang dilakukan PN Jakarta Selatan dapat dibantu oleh jurnalis untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat.

“Kesamaan tugas hakim dan wartawan adalah sama-sama mencari fakta dalam suatu permasalahan, sudah sepatutnya kita berkolaborasi menciptakan sinergi antara “pena” dan “palu,” tutur pria kelahiran Kartasura ini yang menjadi moderator acara.

“Jadi kegiatan ini untuk mewujudkan sinergitas antara ‘palu’ dan ‘pena’. Adanya sinergitas yang terjalin ke depan diharapkan mendapat manfaat, dengan harapan semoga branding PN Jakarta Selatan akan lebih baik lagi,” sambung Djuyamto, yang sebelumnya menjabat Humas PN Jakarta Utara.

Ketua Bidang Organisasi PWI Jaya Irmanto, mengapresiasi acara tersebut.

“Kami dari PWI Jaya mengapresiasi acara ini, melalui silaturahim ini kita dapat memperkuat kemitraan dengan mengedepankan profesionalisme dalam menjalankan tugas kita masing-masing,” ujar wartawan senior yang pernah menjabat sebagai Kepala Divisi Pemberitaan TV LKBN Antara, dalam sambutannya.(um)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.