Hemmen

16 Provinsi Diprakirakan BMKG Dilanda Hujan Lebat Sepanjang Kamis

Kondisi longsor terjadi pada tebing setinggi 25 meter dan lebar 15 meter di Jalan Raya Tajur, Kelurahan Muarasari, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jabar, Sabtu (4/11/2023). Longsor ini disebabkan oleh guyuran hujan dengan intensitas tinggi dan struktur tanah yang labil. FOTO: bnpb.go.id

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Sebanyak 16 provinsi di Indonesia berpotensi terdampak hujan lebat sepanjang Kamis (7/12/2023), demikian diprakirakan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Prakirawan BMKG, Efa Septiani saat menyampaikan informasi prakiraan cuaca secara virtual yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis (7/12) situasi itu berdampak pada potensi hujan lebat di sejumlah daerah, yakni Aceh yang meliputi Kota Subulussalam, Aceh Selatan, Gayo Lues, Aceh Barat Daya, Aceh Utara, Aceh Timur, dan Aceh Tenggara.

“Angin permukaan di wilayah Indonesia bagian utara umumnya didominasi angin yang bertiup dari arah barat laut dan daratan Indonesia didominasi angin yang bertiup dari arah timur hingga tenggara dengan kecepatan berkisar antara 5 sampai 40 KM per jam,” katanya.

Peringatan waspada hujan lebat juga berpotensi melanda Sumatera Utara, yakni Kota Medan, Deli Serdang, Tapanuli Tengah, dan Langkat.

BACA JUGA  Penjelasan Ilmiah Munculnya Gumpalan Awan Tsunami di Kubu Raya

Situasi yang sama juga diprediksi melanda Sumatera Barat, tepatnya di Kepulauan Mentawai, Pesisir Selatan, Solok Selatan, Dharmasraya, dan Kota Padang.

Masyarakat di wilayah Bengkulu juga perlu mewaspadai potensi hujan lebat yang berpeluang mengguyur Bengkulu Utara dan Mukomuko. Sedangkan di Kepulauan Riau melanda Kota Batam dan Karimun.

Sejumlah daerah di wilayah Jawa Barat juga diprakirakan terdampak hujan lebat, yakni Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Bandung Barat, Subang, Purwakarta, Majalengka, dan Cirebon.

Berikutnya wilayah Jawa Tengah, hujan lebat berpotensi mengguyur Jepara, Pasti, Tegal, Brebes, Purworejo, Kudus, Demak, Wonosobo, Kebumen, dan Banyumas.

Situasi serupa berpotensi melanda Jawa Timur, tepatnya di Malang dan Probolinggo. Hujan lebat di Provinsi Banten berpeluang melanda Lebak.

Wilayah Kalimantan Barat meliputi Kota Raya, Kota Pontianak, Mempawah, Kapuas Hulu, Sintang, Sambas, Kota Singkawang, Bengkayang, Sanggau, dan Landak.

BACA JUGA  Pemkot Jaktim Percepat perbaikan Saluran Air di Pondok Kopi

Status waspada hujan lebat juga berlaku di Kalimantan Tengah, tepatnya di Murung Raya.

Hujan lebat di Kalimantan Timur diprakirakan melanda Kutai Timur, Mahakam Hulu, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, dan Kota Samarinda.

Hujan lebat juga diprakirakan melanda Kalimantan Utara, tepatnya di Malinau. Sulawesi Barat di Mamuju Tengah dan Mamuju.

Prakiraan hujan lebat di wilayah timur Indonesia diprakirakan melanda Papua Barat, tepatnya di Manokwari Selatan dan Fakfak. Sedangkan di Papua melanda Tolikara, Mamberamo Tengah, Jayawijaya, Yahukimo, Mimika, Asmat, Nduga, Boven Digoel, Pegunungan Bintang, Yalimo, dan Puncak Jaya.

“Perlu diwaspadai juga angin kencang di beberapa wilayah di Indonesia seperti di Aceh, Sumatera, Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, dan juga Kalimantan Selatan,” kata Efa Septiani. (02/Ant)

BACA JUGA  Sutiono Pemain Persib Pertama yang Bobol Gawang Persija

Kondisi longsor terjadi pada tebing setinggi 25 meter dan lebar 15 meter di Jalan Raya Tajur, Kelurahan Muarasari, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jabar, Sabtu (4/11/2023). Longsor ini disebabkan oleh guyuran hujan dengan intensitas tinggi dan struktur tanah yang labil. (02/Ant)  FOTO: bnpb.go.id

 

Kesbangpol Banten