Kodim 0501/Jakpus Laksanakan Pengamanan Kirab Bendera Pusaka Merah Putih

kirab
Dandim 0501/Jakarta Pusat (JP) Kolonel Bangun I.E. Siregar, SH, MIPOL bersama Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro, SH, S.I.K, M.Si melaksanakan pengamanan prosesi kirab bendera pusaka Merah Putih dan teks naskah Proklamasi, yang dipindahkan dari Monas Ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Jalan Lapangan Monas, Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu (10/8/2024). FOTO: HO-Kodim 0501/JP

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Dandim 0501/Jakarta Pusat (JP) Kolonel Bangun I.E. Siregar, SH, MIPOL bersama Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro, SH, S.I.K, M.Si melaksanakan pengamanan prosesi kirab bendera pusaka Merah Putih dan teks naskah Proklamasi, yang dipindahkan dari Monas Ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Jalan Lapangan Monas, Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu (10/8/2024).

Dalam taklimat media yang diterima di Jakarta, Senin (12/8) disebutkan Dandim menjelaskan prosesi ini merupakan sejarah bangsa yang akan menjadi momentum penting Negara RI.

Kemenkumham Bali

“Karena hari ini untuk pertama kalinya bendera Merah Putih dan teks Proklamasi dikirab ke IKN keluar dari Jakarta. yang biasanya dari Cawan Monas dikirab menuju Istana Merdeka dalam rangka memperingati HUT RI,” kata Dandim 0501/JP.

BACA JUGA  Polisi Bentuk Tim Khusus Usut Kasus Pembunuhan Perempuan

Prosesi kirab ini, kata dia, tidak hanya menjadi simbol penghormatan terhadap sejarah dan perjuangan bangsa, tetapi juga menggambarkan tekad untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Dalam prosesi kirab pusaka mendera Merah Putih dan teks naskah Proklamasi ini melewati rute Cawan Monas – Jalan Merdeka Barat – Patung Kuda – MH Thamrin – Bundaran HI – Sudirman – Gatot Subroto – MT Haryono – Halim Perdanakusuma.

Kegiatan ini merupakan wujud penghormatan bagi pejuang terdahulu yang bergerilya demi kemerdekaan bangsa dan negara Indonesia tercinta, selain itu kegiatan ini rutin dilakukan untuk melestarikan budaya dan tradisi, kata Dandim 0501/JP.