HUT ke-79 RI di Sidoarjo Diwarnai Pakaian Adat Dari Sabang-Merauke

Adat
Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) di Alun-Alun Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (17/8/2024) berlangsung dengan menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah, yakni dari Sabang (Provinsi Aceh) sampai Merauke (Papua). FOTO: Humas Pemkab Sidoarjo

SIDOARJO-JATIM, SUDUTPANDANG.ID – Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) di Alun-Alun Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (17/8/2024) berlangsung dengan menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah, yakni dari Sabang (Provinsi Aceh) sampai Merauke (Papua).

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Sidoarjo, Subandi, sekaligus inspektur upacara beserta istri Sriatun Subandi pun kompak memakai baju adat Palembang, Sumatera Selatan

Kemenkumham Bali

Tak kalah menarik, jajaran Forkopimda Kabupaten Sidoarjo dan kepala OPD seluruh Kabupaten Sidoarjo juga ikut menggunakan pakaian adat.

Subandi mengatakan bahwa makna kemerdekaan dengan memakai baju adat, mengingatkan bahwa Indonesia dengan Bhinneka Tunggal Ika tetap bersatu bersama untuk membangun Indonesia, khususnya Sidoarjo.

“Kostum adat ini mengajarkan kita, meskipun berbeda kita tetap satu, khususnya untuk warga Sidoarjo. Marilah kita saling memiliki Sidoarjo bersama dengan cara membangun Sidoarjo lebih baik lagi,” katanya usai upacara.

BACA JUGA  Comet Putra dan Angkasa Putri Juara

Ia juga mengajak seluruh generasi muda untuk membangun semangat persatuan dan kerja keras dalam mewujudkan Sidoarjo yang lebih maju, sesuai dengan tema HUT RI tahun ini, “Nusantara Baru, Indonesia Maju”.

“Saya juga ingin generasi muda, yang menjadi generasi emas bangsa, agar memiliki kecintaan terhadap Sidoarjo dengan cara meluangkan ide-ide kreatifnya untuk pembangunan Sidoarjo kedepannya. Serta untuk warga Sidoarjo menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

“Dengan bersatu, kita bisa menghadapi berbagai tantangan dan membawa Sidoarjo menuju masa depan yang lebih baik,” tambah Subandi.

Upacara ini juga dihadiri oleh 100 elemen masyarakat yang mendapat undangan langsung dari Bupati Sidoarjo dengan cara mendaftarkan diri melalui instagram, tokoh masyarakat, veteran, pelajar, hingga anggota TNI-Polri.

BACA JUGA  Indonesia-KDEI Taipei Tangani Pemulangan 5 ABK Ditahan di Taiwan

Salah satu undangan, Nova Asrina, warga Kecamatan Sidoarjo, yang berhasil mengikuti jalannya upacara pada peringatan HUT ke-79 RI yang dibuka pendaftaran pada tanggal 12-13 Agustus 2024 sangat antusias dan senang bisa mengikuti upacara dengan khidmat.

“Saya memang sengaja ikut daftar, dengan hanya 1 menit langsung tiket habis, selanjutnya saya menukarkan tiket yang berhasil saya klaim saat pendaftaran di tanggal 14-15 Agustus 2024, saya juga sudah mempersiapkan kostum adat saat upacara ini,” ujarnya.

Selain upacara, juga terdapat berbagai penampilan menarik dan memeriahkan upacara diantaranya orkestra dan paduan suara dari jazz community, marcing band dari SMA Hangtuah 5 Sidoarjo, serta tarian adat dan ditutup dengan kembang api.

BACA JUGA  Pesan Plt Bupati Sidoarjo di Upacara Hari Pramuka ke-63

Selanjutnya, diteruskan dengan acara ramah tamah dan menyaksikan video streaming live pidato Presiden dan Wakil Presiden yang berlangsung di IKN.

Setelah itu, pengumuman lomba-lomba OPD, lomba kostum terbaik bagi undangan, serta penerimaan remisi umum untu