Pemkab Dukung Perekonomian Sidoarjo Lewat Festival UMKM

Festival UMKM
Pemkab Dukung Perekonomian Sidoarjo Lewat Festival UMKM (Foto: Humas Pemkab Sidoarjo)

SIDOARJO, SUDUTPANDANG.ID –Pjs Bupati Sidoarjo, Muhammad Isa Anshori bersama istri, menghadiri Festival UMKM yang diselenggarakan oleh salah satu media lokal di Sidoarjo itu berlangsung meriah. Ada 50 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Sidoarjo yang ikut meramaikan di Alun-alun Sidoarjo, Minggu (29/9/2024).

Beragam produk kreatif dan inovatif dari berbagai sektor, mulai dari kuliner hingga kerajinan tangan ditampilkan UMKM Sidoarjo pada Festival UMKM yang digelar di Alun-alun Sidoarjo tersebut.

Kemenkumham Bali

Dalam sambutannya, Pjs. Bupati Sidoarjo menyampaikan apresiasinya terhadap inisiatif media lokal yang turut mendukung perekonomian daerah dengan mengadakan festival ini. Ia menekankan pentingnya peran UMKM dalam menggerakkan roda perekonomian.

“Kami sangat mengapresiasi langkah salah satu perusahaan media yang memberikan wadah bagi para pelaku UMKM untuk mempromosikan produk-produk lokal. Hal ini menjadi salah satu bentuk kolaborasi positif antara media, pemerintah, dan masyarakat untuk bersama-sama memajukan perekonomian Sidoarjo,” ujar Isa Anshori.

BACA JUGA  Indocement-Disdikbud Yogyakarta Sosialisasi Pendamping Pemugaran Cagar Budaya

Isa juga berharap UMKM di Sidoarjo semakin maju dan mampu bersaing, tidak hanya di pasar lokal, tetapi juga nasional bahkan internasional.

“Pemerintah daerah akan terus berkomitmen memberikan dukungan melalui program-program pemberdayaan UMKM, dengan support penuh dari Bank Jatim, saya yakin pelaku UMKM akan survive,” ucapnya.

Terakhir, Isa juga berpesan kepada masyarakat yang hadir untuk menjaga kebersihan lingkungan Alun-alun Sidoarjo.

“Mari kita bersama-sama menjaga kebersihan Alun-alun Sidoarjo dengan membuang sampah pada tempatnya. Dan kita bersama-sama saling mencintai Sidoarjo agar semakin hebat, maju, dan lebih makmur,” tutupnya.

Sementara itu, Kabiro Radar Sidoarjo, Vega Dwi Arista mengatakan bahwa festival UMKM ini dihadirkan untuk meningkatkan kembali perekonomian di Kabupaten Sidoarjo.

BACA JUGA  Liga Spanyol - Kalahkan 1-0 Alaves, Real Madrid Rebut Puncak Klasemen

Dikatakannya, potensi UMKM di Sidoarjo ini sangat tinggi sehingga dengan acara ini, sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah untuk mendorong UMKM naik kelas dan berkembang.

“Kami merupakan salah satu perusahaan media yang selama ini ikut memantau dan mendukung penuh kinerja Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, khususnya untuk mendorong UMKM naik kelas,” katanya.

“Melalui acara inilah kami dan berbagai sponsor khususnya Bank Jatim ikut memberikan wadah kepada pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya, sekaligus memotivasi para pelaku usaha untuk terus berinovasi dan mengembangkan produk-produk mereka,” tambahnya.

Selain festival UMKM, untuk menarik masyarakat juga diadakan lomba mewarnai tingkat Taman Kanak-kanak (TK), lomba aerobik, terdapat juga mobil layanan “si Mola” dari Kejaksaan Negeri Sidoarjo, hingga layanan tes darah dari BMH (Baitul Maal Hidayatullah).

BACA JUGA  Fuji Serahkan Bukti Baru Terkait Kasus Penggelapan Uang Eks Manajer

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekda) Kabupaten Sidoarjo, Fenny Apridawati, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Sidoarjo, Bahrul Amiq, dan perwakilan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo.(ACZ/04)