Sosialisasi Pilkada Serentak, KPU Kota Kediri Gelar Nobar Film ‘Tepatilah Janji’

Sosialisasi Pilkada Serentak, KPU Kota Kediri Gelar Nobar Film 'Tepatilah Janji'
KPU Kota Kediri menggelar nobar film 'Tepatilah Janji' di SMKN 2 Kota Kediri, Senin (28/10/2024).(Foto: Chandra SP)

KOTA KEDIRI-JATIM, SUDUTPANDANG.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri menggelar sosialisasi Pilkada Serentak 2024 melalui nonton bareng (nobar) film berjudul ‘Tepatilah Janji’. Kegiatan bertajuk “Goes to School” ini berlangsung di SMKN 2 Kota Kediri, Senin (28/10/2024).

Kegiatan nobar ini diikuti ratusan siswa yang telah memiliki hak pilih. Mereka tampak antusias mengikuti nobar film tersebut.

Kemenkumham Bali

Anggota KPU Kota Kediri Divisi Hukum dan Pengawasan, Imam Murofik, menjelaskan bahwa film ini ditujukan bagi siswa-siswi kelas 12 di SMKN 2 Kota Kediri. Kegiatan ini sebagai upaya agar pesan politik lebih mudah diterima oleh generasi muda dan meningkatkan tingkat partisipasi pemilih.

“Dalam kerangka peningkatan partisipasi pemilih pemula, sekaligus untuk memperingati hari sumpah pemuda, diikuti sebanyak 100 mewakili pelajar kelas 3,” jelasnya.

BACA JUGA  Bawaslu Kota Kediri Buka Pendaftaran PTPS, Ini Syaratnya

Imam mengatakan, film tersebut mengandung pesan tentang tanggung jawab seorang pemilih dalam memilih sosok pemimpin yang tepat, serta pentingnya untuk memastikan bahwa janji-janji pemimpin itu benar-benar dijalankan.

“Secara garis besar, film ini menyasar juga ke pemilihan untuk Pilkada 2024 sesuai dengan judulnya tepatilah janji,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Kepala SMKN 2 Kota Kediri, Nikmatus Sahadah, menyambut baik inisiatif KPU sosialisasi yang dikemas dalam gelaran nobar film.

Menurutnya, film ini memberikan nilai positif bagi para peserta didik terutama kelas 12 dalam memahami pentingnya Pilkada dan tanggung jawab memilih.

“Dan anak-anak sambil belajar, yang namanya memilih itu tidak mudah. Sulit apa mudah, sulit ya?,” ucap Kepsek yang baru menjabat di SMKN 2 Kota Kediri beberapa hari itu.

BACA JUGA  Massa di Patung Kuda Pantau Putusan MK

Dirinya berharap melalui nobar generasi muda dapat lebih sadar akan peran dan dampak dari partisipasi mereka dalam pemilihan kepala daerah 2024.

“Saya yakin pasti nanti anak-anak akan paham bahwa pentingnya ikut serta dalam menyukseskan Pilkada 2024 sehingga mereka nanti akan paham bahwasanya, satu suara yang mereka keluarkan akan menentukan nasib bangsa lima tahun ke depan, sehingga acara ini saya yakin positif bagi anak-anak pemula,” tutupnya.(CN/01)