Hemmen

Ajang Balap Sepeda “Tour de Siak”-Riau 2023 Resmi Dibuka PB ISSI

Ajang balap sepeda "Tour de Siak" 2023 resmi dibuka ditandai Wasekjen PB ISSI Dedy Kurniawan bersama Bupati Siak Alfedri, Kapolda Riau Irjen Pol M Iqbal, Ketua KONI Riau Iskandar Hoesin dan Kadispar Riau, Roni Rakhmat mengayuh sepeda pada Jumat (1/12/2023) malam di lapangan Siak Bermadah, Kabupaten Siak. FOTO: dok.Ant

PEKANBARU, SUDUTPANDANG.ID – Ajang wisata olahraga balap sepeda Tour de Siak (TDSi) di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Jumat (1/12/2023) malam resmi dibuka Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) di lapangan Siak Bermadah.

Dalam keterangan yang dikutip di Pekanbaru, Sabtu (2/12), ajang internasional yang diikuti 13 tim dari delapan negara, pada 1-4 Desember 2023 itu, dibuka Wakil Sekjen PB ISSI Bidang Organisasi, Dedy Kurniawan mewakili Ketua PB ISSI, Jendral Listyo Sigit Prabowo.

“TDSi kali ini banyak peserta dari luar negeri. Hingga saat ini tak ada kendala dan besok (Sabtu, 2/12) sudah mulai start. Dengan ini secara resmi Tour de Siak dibuka,” kata Dedy.

BACA JUGA  Polda Metro Jaya Imbau Kantor Polisi Jadi Penitipan Kendaraan Pemudik

Hadir juga dalam pembukaan itu, Kapolda Riau, Irjen Muhammad Iqbal dan jajaran pejabat utama, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia Provinsi Riau, Iskandar Hosein, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rahmat. Begitu juga dari Siak, Bupati Alfedri berserta forum komunikasi pimpinan daerah.

Bupati Siak, Alfedri dalam sambutannya mengatakan ajang Tour De Siak menjadi ajang mempromosikan Kabupaten Siak, Provinsi Riau, hingga ke mancanegara karena dilaksanakan dengan perlombaan balap sepeda dengan rute yang melalui objek-objek wisata dan ikon-ikon pariwisata.

Ajang Tour De Siak Tahun 2023 ini diikuti oleh atlet-atlet terbaik perwakilan tim dari delapan negara. Di antaranya Brunei Darussalam, Malaysia, Fhilippines, Thailand, Vietnam, Korea, dan Singapura, serta diikuti juga atlet perwakilan tim dari Jakarta, Pontianak, Yogyakarta dan Riau, dengan jumlah total 13 tim yang mengikuti perlombaan.

BACA JUGA  Beberapa Tempat Wisata di Jakarta Yang Tutup Pada Hari Pertama Lebaran

Pada ajang Tour De Siak Tahun 2023 ini dilaksanakan rute balapan menjadi 3 etape.

Etape 1 melewati Siak, Dayun, Mempura, Koto Gasib, Siak, dengan jarak tempuh 127 Kilometer, Etape 2 melewati Siak, Dayun, Koto Gasib, Perawang, Siak, dengan jarak tempuh 170 km, dan Etape 3 pelaksanaan Siak City Race (6 lap) dengan jarak tempuh 108 km.

“Untuk itu, saya mengimbau selama 3 hari ke depan marilah bersama-sama kita menyaksikan perlombaan Tour De Siak, mari kita ramaikan Kota Istana ini dan ajak kerabat keluarga bapak dan ibu sekalian untuk datang ke Siak,” kata Alfedri. (02/Ant)

 

 

Kesbangpol Banten