Belum Genap Setahun, Target PAD Magetan Sektor Pariwisata Sudah Tercapai

Joko Trihono
Kadisparbud Kabupaten Magetan Joko Trihono (Foto: Denny Rubi)

MAGETAN, SUDUTPANDANG.ID – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Magetan mengklaim target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata di tahun 2022 sudah tercapai akhir November ini.

 

IMG-20220125-WA0002

Kepala Disparbud Kabupaten Magetan, Joko Trihono pun bersyukur target PAD sektor pariwisata sudah tercapai meski belum genap setahun.

“Pada akhir tahun ini target PAD Rp15,3 miliar sekian sudah tercapai akhir November ini,” kata Joko Trihono, dalam keterangannya, Senin (28/11/2022).

Joko menjelaskan, upaya dalam mewujudkan target itu, selain adanya berbagai destinasi wisata yang ada, juga berkat pelaksanaan event-event.

“Yang mana selama tahun 2022 ini setidaknya terdapat 174 event yang jadwalnya sudah kami luncurkan ke publik,” jelasnya.

Seiring dengan itu, lanjutnya, mengingat jumlah pengunjung hingga saat ini belum selesai direkap, pihaknya berharap angka kunjungan wisata akan terus bertambah.

“Kita perlu melihat target kunjungan wisata di Magetan ini kan masih dalam tahap rekap. Tetapi secara umum kalau kami melihat skup kecil yang ada di Sarangan ini Insya Allah sudah terlampaui,” ujarnya.

Joko menambahkan, berdasar hasil survey pihak luar pada waktu yang lalu terkait lama tinggal wisatawan di Magetan masih di bawah satu hari. Artinya wisatawan yang berkunjung hanya sebatas datang kemudian pulang.

“Karena dari hasil survey awal yang dilakukan oleh teman-teman Inka ketika sebelum melakukan kerja sama dengan Kabupaten Magetan, tingkat kunjungan ini hanya di bawah satu, artinya bahwa banyak wisatawan yang datang ke Magetan ini hanya sekadar datang kemudian pulang entah hanya 2 atau 3 jam,” ungkapnya.

“Nah harapan kami dengan adanya berbagai kegiatan event nantinya dapat kita ukur angka lama tinggal wisatawan di Magetan ini semakin tinggi. Syukur-syukur mencapai 2 atau 3 hari,” sambung Joko.

Menurutnya, dengan lamanya wisatawan berada di Magetan, mereka akan semakin banyak mengeluarkan uang untuk belanja kebutuhan. Secara otomatis perputaran uang di Magetan juga semakin meningkat.

Destinasi Wisata Magetan 

Sekadar informasi, selain Telaga Sarangan, Kabupaten Magetan juga memiliki beberapa destinasi wisata menarik yang wajib dikunjungi. Di antaranya Air Terjun Tirtosari atau Air Terjun Ngadiloyo, Kebun Bunga Refugia, Magetan Park, Randugede Hidden Paradise, Sumber Sejok Krajan, Mojosemi Forest Park, Taman Geni Langit, Lawu Green Forest, Parang Hill, Taman Desa Wisata Jabung, Mbah Djoe Resort, Bumi Perkemahan Wisata Alastuwo, dan Tirto Gumarang.

Setiap awal tahun Pemerintah Kabupaten Magetan juga telah meluncurkan kalender event. Harapannya bisa mendatangkan para wisatawan domestik maupun mancanegara ke daerah berjuluk “Green Belt Lawu”. Program Disparbud juga akan menggerakkan roda perekonomian masyarakat serta branding Kabupaten Magetan supaya dikenal lebih luas lagi.(DNY/01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *