Berikut ini Jadwal Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II Senin 19 September 2022

Mahkota terlihat pada peti jenazah Ratu Elizabeth II saat akan disemayamkan di Westminster Hall, Istana Westminster, London, Inggris, 14 September 2022. Pemakaman Ratu Elizabeth II akan menjadi salah satu pertemuan bangsawan dan politikus terbesar yang diselenggarakan di Inggris selama beberapa dekade.

LONDON, SUDUTPANDANG.ID – Sepuluh hari berkabung publik setelah Ratu Elizabeth II meninggal akan berakhir pada Senin, 19 September 2022 dengan proses pemakaman sehari penuh, yang dimulai di London dan berakhir di Windsor, di mana dia akan dimakamkan.

Pemakaman Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey akan dihadiri oleh para pemimpin dunia, termasuk Presiden Joe Biden dan Ibu Negara Jill Biden, dan perwakilan dari seluruh Persemakmuran Bangsa—sebagian besar adalah bagian dari bekas Kerajaan Inggris.

IMG-20220125-WA0002

Para tamu akan berkumpul untuk upacara pada pukul 11.00 waktu London atau 17.00 WIB, dengan acara puncak mengheningkan cipta dua menit di seluruh Inggris untuk Ratu Elizabeth II dan pelantunan “God Save the King”—perubahan setelah 70 tahun “God Save the Queen.”

Prosesi pemakaman melalui jalan-jalan London, dan kemudian ke kediaman kerajaan di Windsor, hingga Ratu Elizabeth II dimakamkan malam itu di Kapel St. George di halaman Kastil Windsor.

Senin 19 September adalah hari libur di seluruh Inggris, dengan banyak bisnis dan sekolah tutup sehingga warga dapat menonton siaran acara pemakaman, yang dimulai pada pukul 04.00 pagi waktu London (10.00 WIB) dan diperpanjang hingga pukul 19.30 waktu London (20 September 01.30 WIB).

Secara global, jutaan orang diperkirakan akan melihat liputan upacara di Westminster Abbey, tempat Elizabeth menikah dengan Pangeran Philip dan penobatannya.

Ini akan menjadi pemakaman pertama bagi seorang pemimpin monarki Inggris yang diadakan di Westminster Abbey sejak abad ke-18, dan untuk pertama kalinya kamera akan diizinkan di dalam upacara pemakaman untuk seorang pemimpin monarki Inggris.

Berikut ini jadwal pemakaman Ratu Elizabeth II, bersama dengan rincian perkiraan kegiatannya, dikutip dari Time, Kamis (18/9/2022):

06.30 pagi (12.30 WIB): Pintu Westminster Hall di House of Parliament, tempat Ratu Elizabeth II disemayamkan, ditutup untuk publik.

10.44 (16.44 WIB): Prosesi pemakaman kerajaan berangkat dari Istana Westminster ke Westminster Abbey. Kereta meriam negara akan membawa peti mati Ratu Elizabeth II, ditemani oleh musisi seperti band marinir kerajaan, dan jalurnya akan dipagari oleh anggota angkatan laut kerajaan dan marinir kerajaan. Anggota keluarga kerajaan, termasuk Raja Charles III dan Pangeran William, akan mengikuti di belakang kereta.

10.52 (16:52 WIB): Peti mati Ratu Elizabeth II tiba di gerbang Westminster Abbey dan dibawa ke dalam.

11.00 (17.00 WIB): Upacara dimulai, dipimpin oleh Dean of Westminster David Hoyle, dan akan mencakup pembacaan doa oleh para pemimpin politik dan agama termasuk Perdana Menteri Inggris yang baru Liz Truss.

11.55 (17.55 WIB): Ada dua menit keheningan di dalam Biara dan di seluruh Inggris.

Siang (7:00 ET): Prosesi pemakaman kenegaraan berakhir dengan reveille, lagu kebangsaan Inggris (“God Save the King”), dan permainan pipe. Peti mati akan melanjutkan prosesi lain melalui jalan-jalan London ketika Big Ben berdenting terus menerus.

13.00 (19.00 WIB): Peti mati tiba di Wellington Arch di London, lalu dimuat ke dalam mobil jenazah. Dari sini, keluarga kerajaan berangkat ke Kastil Windsor, yang berjarak sekitar 20 mil sebelah barat Istana Buckingham.

15.06 (21.06 WIB): Mobil jenazah negara bagian tiba di Windsor, di mana ia akan bergabung dengan prosesi menuju Albert Road. Raja dan anggota keluarga kerajaan lainnya akan berjalan kaki menuju Kapel St. George kira-kira tiga puluh menit kemudian.

16.00 (22.00 WIB): The Committal Service dimulai di Kapel St. George, dipimpin oleh Dean of Windso dan diakhiri dengan berkat dari Uskup Agung Canterbury.

19.30 (01.30 WIB, 20 September): Ratu Elizabeth II dimakamkan dalam upacara pribadi di King George VI Memorial Chapel di Kastil Windsor. Dia akan dimakamkan bersama mendiang suaminya, Pangeran Philip

Anggota keluarga kerajaan dan keluarga Raja Charles III dijadwalkan memiliki peran sepanjang hari, meskipun tidak semua detail tentang di mana dan bagaimana setiap kerajaan akan terlibat dipublikasikan.

Dalam beberapa kasus tertentu, istana telah merinci momen-momen di mana Raja Charles III, Pangeran William, Putri Catherine, Pangeran Harry, dan Meghan Markle akan ambil bagian dalam prosesi tersebut.

Para penonton bisa memperkirakan melihat anggota keluarga kerajaan termasuk Raja Charles III dan Pangeran William dalam perannya sebagai pewaris dan Duke of Wales mengikuti peti mati saat berangkat dari Westminster Hall.

Setelah pemakaman di Westminster Abbey, rombongan termasuk Raja Charles III, Permaisuri Camilla, William, Kate, Harry, Meghan, Putri Sophie dan anggota keluarga lainnya akan mengikuti peti mati dengan berjalan kaki ke Wellington Arch. Kelompok ini kemudian akan bergabung dengan prosesi resmi dengan mobil ke Windsor.

Westminster Abbey memiliki sekitar 2.000 kursi untuk menampung daftar panjang orang-orang yang akan memberikan penghormatan terakhir kepada Ratu Elizabeth II secara langsung.

Keluarga kerajaan sendiri belum merilis daftar peserta, tetapi banyak kepala negara dan pejabat tinggi lainnya telah menyuarakan rencana mereka untuk hadir dalam acara tersebut di Westminster Abbey pada 19 September.

Joe Biden dan istri mengatakan mereka akan berada di sana, bersama dengan para pemimpin Italia, Jepang, Jerman, Selandia Baru, Kanada, Kenya, dan Australia.

Daftar panjang bangsawan dari negara-negara Eropa lainnya juga akan ada di sana, termasuk Raja Felipe VI dan Ratu Letizia dari Spanyol, Carl XVI Gustav dari Swedia, Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima dari Belanda, Raja Harald V dari Norwegia dan Raja Philippe dan Ratu Mathilde dari Belgia.

Perwakilan dari semua bagian Persemakmuran dijadwalkan untuk hadir, bersama dengan orang-orang yang dimasukkan Ratu Elizabeth II dalam daftar kehormatan tahunannya tahun lalu, yang merayakan outstanding citizens dan community leaders.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.