Hemmen
Berita  

BPBD DKI Evakuasi Tujuh KK Terdampak Banjir di Kedaung Kaliangke

Dok.Ant

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI bersama tim gabungan mengevakuasi tujuh kepala keluarga (KK) terdampak luapan Kali Angke di Kelurahan Kedaung Kaliangke, Jakarta Barat.

“Ada tujuh KK di tujuh Rukun Tetangga (RT) terdampak di Kedaung Kaliangke,” kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Isnawa Adji di Jakarta, Jumat (24/2/2023).

Menurut dia, tujuh KK atau 26 jiwa itu dievakuasi sementara di Masjid Jami Al Khaer sebanyak enam orang dan di Mushala At Taubah sebanyak 20 orang.

Adapun ketinggian air di Kelurahan Kedaung Kaliangke mencapai 40 hingga 70 sentimeter (cm).

BPBD DKI mendata total ada 55 RT yang terdampak banjir hingga pukul 15.00 WIB dengan ketinggian bervariasi mulai 40 centimeter hingga 1,3 meter.

Luapan Kali Ciliwung mengakibatkan banjir melanda tujuh RT di Kelurahan Cawang dengan ketinggian air hingga 1,3 meter.

BACA JUGA  Ahli Sebut Penyelidikan Kasus Teddy Harus Dilakukan Secara Ilmiah

Selain itu juga terjadi di Kelurahan Kampung Melayu ada dua RT terdampak dengan ketinggian air 1,25 meter dan di Kelurahan Bidara Cina ada tujuh RT terdampak dengan ketinggian air hingga satu meter.

Kelurahan Cililitan ada satu RT terdampak banjir dengan ketinggian air sekitar 50 cm.

Selanjutnya di Jakarta Utara terdapat tiga RT yakni satu RT di Kelurahan Marunda dengan ketinggian air 25 centimeter, Kelurahan Pejagalan ada dua RT dengan ketinggian air hingga 60 cm.

Di Jakarta Barat, banjir terjadi di 33 RT tersebar di empat RT di Kelurahan Tegal Alur mencapai 50 cm, Kelurahan Kembangan Selatan ada dua RT dengan ketinggian air 40 cm.

Kelurahan Joglo ada satu RT dengan ketinggian 50 cm, Kelurahan Kembangan Utara ada tiga RT dengan ketinggian air hingga 55 cm.

Selanjutnya, di Kelurahan Rawa Buaya ada tujuh RT ketinggian air hingga 45 cm akibat luapan Kali Angke, Kelurahan Duri Kosambi ada empat RT hingga 40 cm akibat luapan Kali Semanan.

BACA JUGA  Pohon Tumbang, Jalan Rangkasbitung Menuju Bogor Tertutup

Kemudian, Kelurahan Tanjung Duren Utara ada satu RT dengan ketinggian air hingga 30 cm dan di Kedoya Utara ada empat RT dengan ketinggian air 45 cm akibat luapan Kali Pesanggrahan.

Selain itu, di Jakarta Selatan terdapat dua RT di Kelurahan Kuningan Barat ada satu RT dengan ketinggian air mencapai 20 cm dan satu RT di Kelurahan Pela Mampang dengan ketinggian air 25 cm akibat luapan Kali Mampang dan Kali Krukut.

Tak hanya itu ada delapan ruas jalan yang tergenang hingga pukul 15.00 WIB dengan ketinggian air bervariasi 20 hingga 40 cm.

BPBD DKI menggandeng Dinas Sumber Daya Air (SDA), Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) dan instansi terkait lain untuk penanganan bencana.

BACA JUGA  Heru Harapkan Kerjasama Kodam Jaya Terus Terjalin

Selain personel, pihaknya juga menyiagakan ratusan pompa permanen (stasioner) dan pompa keliling untuk menyedot banjir bekerja sama dengan Dinas SDA DKI.

Berdasarkan informasi BMKG, tercatat hujan dengan intensitas sangat lebat pada Jumat ini yang terjadi di sekitar wilayah Muara Angke mencapai 101 milimeter yang menyebabkan banjir di beberapa titik di wilayah DKI Jakarta.(03/Ant)

Kesbangpol Banten

Tinggalkan Balasan