Bravo TNI, Babinsa Bersama Warga Desa Babahan Gotong Royong Perbaiki Saluran Air

  • Bagikan
Foto:dok.Pendim 1619/Tabanan

TABANAN, SUDUTPANDANG.ID – Babinsa selalu hadir di tengah-tengah masyarakat guna mendukung pemerintah untuk mewujudkan masyarakat yang aman dan sejahtera. Seperti yang dilaksanakan oleh Babinsa Desa Babahan Ramil 1619-08/Penebel Serka I Made Arka saat bergotong royong mengembalikan fungsi saluran air terkait rencana pengaspalan secara swadaya bersama warga di Banjar Dinas Utu Desa Babahan Kec. Penebel, Minggu (28/11/2021).

Menurut Babinsa Serka I Made Arka, semua yang dilakukannya sesuai arahan Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Ferry Adianto, S.I.P, dan Danramil 1619-08/Penebel Kapten Inf I Nyoman Arya Kepakisan. Salah satunya dalam pelaksanaan tugas di wilayah desa binaan agar para Babinsa selalu berada di tengah-tengah masyarakat.

Point-Blur-Jan152022-200244

“Babinsa harus mengetahui kesulitan yang ada dalam masyarakat dan bersama-sama untuk mencari solusi dari setiap permasalahan yang ada,” ujarnya.

“Terlebih-lebih di musim penghujan dan mewaspadai fenomena alam La Nina yang diperkirakan hingga Februari mendatang Babinsa harus lebih waspada terhadap potensi bencana alam yang mungkin dapat terjadi di wilayahnya tugasnya,” sambung Serka I Made Arka.

Adapun kegiatan Babinsa Babahan kali ini adalah turut bersama-sama bergotong royong membantu warga masyarakat untuk melaksanakan kegiatan pembersihan got atau saluran air.

“Tujuannya untuk mengembalikan fungsi saluran air, dimana pada musim penghujan air hujan tidak dapat disalurkan dengan baik karena saluran air tidak berfungsi seperti semula,” jelasnya.

Pihaknya berharap detelah saluran air dikembalikan fungsinya dan berfungsi dengan baik akan dapat menampung air hujan sehingga dapat disalurkan dengan baik.

“Sehingga menghindari air hujan meluap ke jalan dan mengganggu warga yang melintas serta mengurangi resiko bencana banjir atupun tanah longsor,” jelasnya.

Foto:dok.Pendim 1619/Tabanan

Ia menerangkan, pembersihan saluran air di pinggir jalan juga berkaitan dengan adanya rencana pengaspalan jalan sepanjang 225 meter yang akan dikerjakan secara swadaya oleh masyarakat setempat.

“Adapun rencana pengaspalan jalan yang juga jalan lintas menuju Pura Luhur Besi Kalung tersebut akan dilakukan dari Gapura Banjar Utu sampai masuk ke Dusun Utu Desa Babahan,” terangnya.

Sedangkan pengerjaan kali ini dimaksimalkan hasil hingga volume kerja sepanjang 100 m dan akan dilanjutkan di waktu-waktu selanjutnya.

Masyarakat terlihat sangat antusias dalam melaksanakan kerja bakti bergotong royong yang dikoordinir oleh Bendesa Adat Utu Dr. I Nengah Seriawan. S. Ag. M. Si bersama Prejuru Adat dan Dinas Banjar Utu.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Perbekel Desa Babahan terpilih I Made Sukapariana S.E. bersama perangkat Desa Babahan, Ketua Pok Darwis bersama anggota, warga masyarakat Dusun Utu.(One)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *