Bupati Asahan-Forkompimda Bersih Sampah Peringati World Cleanup Day 2022

Untuk memperingati Hari Bersih-Bersih Sedunia (World Cleanup Day) 2022, Bupati Asahan H Surya, B.Sc bersama forkopimda setempat gotong royong membersihkan sampah di sepanjang Jalan Sutan Syarir yang dimulai dari Simpang Empat Stadion Mutiara Kisaran menuju Simpang Empat Gambir Baru Kisaran, Sabtu (17/9/2022). FOTO: Diskominfo Asahan

ASAHAN, SUDUTPANDANG.ID – Untuk memperingati Hari Bersih-Bersih Sedunia (World Cleanup Day) 2022, Bupati Asahan H Surya, B.Sc bersama forkopimda setempat gotong royong membersihkan sampah di sepanjang Jalan Sutan Syarir yang dimulai dari Simpang Empat Stadion Mutiara Kisaran menuju Simpang Empat Gambir Baru Kisaran, Sabtu (17/9/2022).

Sebelum melaksanakan kegiatan aksi bersih sampah itu, Bupati Asahan membuka terlebih dahulu kegiatan World Cleanup Day tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2022 yang digelar di Halaman Kantor Disporapar Kabupaten Asahan.

IMG-20220125-WA0002

Pada pembukaan kegiatan tersebut Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Asahan H Rahmat Hidayat Siregar, S. Sos, M. Si menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan dari limbah yang tidak dikelola dengan baik.

Selain itu, mengajak dan melibatkan seluruh lapisan masyarakat, khusunya masyarakat Kota Kisaran dan pemerintah, organisasi, hingga individu, untuk turut berkontribusi dalam pengelolaan sampah.

Selanjutnya, bertujuan untuk memimpin aksi gotong royong pungut sampah terbesar di Kabupaten Asahan dengan harapan menumbuhkan rasa bahwa sampah adalah tanggung jawab bersama serta mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut turut serta dan berpartisipasi dalam pengelolaan sampah untuk menuju perubahan Asahan Bebas sampah 2025.

Menutup laporannya Dayat mengatakan, Dinas Lingkungan Hidup setiap harinya mengangkut sampah lebih kurang 76 ton yang ada di 9 Kecamatan di Kabupaten Asahan yakni Kecamatan Kota Kisaran Barat, Kota Kisaran Timur, Air Joman, Tanjung Balai, Simpang Empat, Air Batu, Pulau Rakyat, Aek Kuasan dan Meranti.

Untuk di Jalan Sutan Syarir sendiri yang dijadikan pusat gotong royong, Dinas Lingkungan Hidup setiap harinya mengangkut lebih kurang 13 ton yang berasal dari masyarakat sekitar jalan tersebut.

Sementara itu Wakapolres Asahan Kompol Sri Juliani Siregar, SH mewakili Kapolres Asahan mengatakan Kabupaten Asahan menargetkan 500 sukarelawan yang turut serta dalam kegiatan Hari Bersih Sampah Dunia ini, dan memungut sampah sekitar 13 ton sampah yang dapat kita kumpulkan dan kita buang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Dengan kepedulian yang didasari semangat kebersamaan dan persatuan Insya Allah target tersebut akan kita capai. Kami berharap bersih-bersih sampah yang ada dilingkungan kita tidak hanya karna adanya momen Hari Sampah Sedunia (World Cleanup Day) ini saja, tapi kita lakukan setiap saat sehingga lingkungan Kabupaten Asahan bebas dari sampah,” katanya.

Wakapolres juga mengajak untuk berkomitmen serta membudayakan untuk tidak membuang sampah sembarangan dan juga tidak membakar sampah sembarangan, sehingga sampah tidak menjadi tempat berkembang biaknya bibit penyakit dan sumber polusi

“Jstru sampah akan menjadi mata pencaharian baru yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi serta tenaga kerja yang banyak,” katanya.

Sebelum memberikan arahannya Bupati Asahan bersama dengan pihak yang mewakili Dandim 0208/Asahan, Kapolres Asahan, Danlanal TBA dan Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Asahan menyerahkan secara simbolis alat-alat kebersihan kepada TNI-Polri, lurah, Bhayangkari Polres Asahan, mahasiswa serta pelajar disaksikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, OPD, Camat Kota Kisaran Timur, Camat Kota Kisaran Barat, Forkopimcam Kisaran Kota dan pegiat kebersihan Sumatera Utara,

Bupati Asahan H. Surya, BSc mengatakan acara World Cleanup Day yang pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Asahan itu bertujuan memimpin aksi gotong royong pungut sampah dan peduli lingkungan.

Peringatan Word Cleanup Day Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2022, kata dia, juga merupakan momen penting untuk mendukung visi Kabupaten Asahan yaitu Masyarakat Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter.

Oleh karena itu, bupati mengajak kepada seluruh masyarakat Asahan agar mengelola sampah dengan baik, karena sampah bukan hanya tanggung jawab pemerintah tetapi tanggung jawab bersama dan khususnya kepada perangkat daerah dan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Asahan agar dapat memperhatikan beberapa hal, yakni:

1. Dukung pelaksanaan dan sosialisasikan secara masif Peraturan Daerah Kabupaten Asahan Nomor 6 Tahun 2020 tentang pengelolaan sampa.

2. Beri contoh kepada masyarakat dalam mengelola sampah dari sumbernya yaitu dari rumah dan laksanakan program 3R (Reduce, Reuse, Recycle)/mengurangi, menggunakan kembali, mendaur ulang.

3. Tanamkan dan sosialisasikan motto “Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita” agar selalu diingat di masyarakat dan

4. Mari bersama kita perangi sampah” karena sampah bukan warisan anak cucu kita.

Bupati berharap momentum peringatan World Cleanup Day 2022 ini dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian bersama terhadap pengelolaan sampah, sehingga dapat menjadi nilai tambah dalam berkontribusi pada terwujudnya visi Kabupaten Asahan”. (M Achyar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.