oleh

Cegah Corona, Warga Bambu Apus Buat Cairan Disinfektan

Jakarta, SudutPandang.id-Di tengah mewabahnya virus corona (covid-19), ada berbagai cara dapat dilakukan untuk mencegah penularan virus yang saat ini melanda dunia, termasuk Indonesia. Selain menjaga kebersihan diri dengan cara rajin mencuci tangan, juga melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin.

Selain masker dan hand sanitizer, permintaan cairan disinfektan serta jasa penyemprotan sangat tinggi peminatnya.

Hal ini membuat masyarakat berkreatifitas untuk meramu sendiri disinfektan. Seperti yang dilakukan warga RT 09 RW 01 Kel.Bambu Apus Kec.Cipayung Jakarta Timur.

“Berbekal informasi berupa tutorial dari YouTube, warga RT 09 RW 01 Bambu Apus membuat cairan disinfektan sendiri,” ujar Ketua RT 09 RW 01 Bambu Apus, Syamsudin Wirabrata kepada Sudut Pandang, Selasa (24/3/2020).

Pria yang akrab disapa Bang Udin ini menuturkan, anggaran pembuatan disinfektan merupakan hasil dari swadaya masyarakat yang ada di pos dana banjir.

“Alhamdulillah berhasil membagikan sekitar 150 liter disinfektan ke para warga sekaligus mengedukasi warga cara membuat disinfektan yang bahannya mudah didapatkan,” ungkap Udin yang dijuluki “RT Rasa Presiden“.

Ia pun mengapresiasi semangat gotong royong yang ditunjukkan warganya. Sebelumnya juga kompak saat banjir melanda pada awal tahun 2020 lalu.

“Warga saya emang jempolan, saat banjir juga kompak bikin dapur umum, para donatur ngumpulin duit, ibu-ibu yang masak,” ungkapnya.

Berbagi

Pemerintah, kata dia, saat ini belum memutuskan untuk lockdown, namun warganya sudah berpikir jauh ingin membantu jika ada warga yang nantinya terdampak tidak dapat mencari nafkah.

“Tak bisa dipungkiri covid-19 telah berdampak dalam segala bidang, salah satunya ekonomi. Terkait hal ini, kami berinisiatif untuk mengumpulkan donasi secara sukarela bagi warga yang terdampak yang tidak punya penghasilan tetap, seperti para driver ojek online dan pekerja harian lepas,” papar Udin.

BACA JUGA  Warga Pasar Rebo Tewas Tenggelam di Setu Pedongkelan

“Saya juga menghimbau kepada warga untuk senantiasa waspada, menjaga kesehatan, taati aturan, karena corona ini luar biasa dampaknya. Dan jangan lupa kita doakan yang terbaik menjelang bulan Ramadhan. Semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua,” pungkasnya.

Komentar

News Feed