Danlantamal XII Terima Sosialisasi Tabungan Disiplin dari Diskual

  • Bagikan
Foto:dok.Lantamal XII/Pontianak

MEMPAWAH, SUDUTPANDANG.ID –Komandan Lantamal (Danlantamal) XII, Brigjen TNI Marinir Andi Rukman menerima dan membuka sosialisasi Tabungan Disiplin dari Dinas Keuangan TNI Angkatan Laut (Diskual), ) di Mako Lantamal XII Pontianak, Wajok Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar), Kamis (21/10/2021).

Sosialisasi Tabungan Disiplin dari Diskual ini diikuti sebanyak 100 orang perwakilan prajurit perwira, bintara dan tamtama serta PNS jajaran Lantamal XII, dan personel Satuan Kapal Patroli serta prajurit petarung Yonmarhanlan XII Mempawah.

Sosialisasi ini juga dihadiri Wadan Lantamal XII, Kolonel Laut (P) Suhendro dan para Asisten Danlantamal XII, Ka.Kuwil, Dansatrol, serta Kadis dan Kasatker jajaran Lantamal XII.

Tim Sosialiasasi Diskual terdiri dari Kasubdis Dalku Diskual Kolonel Laut (S) Anas Yusuf Panjaitan, (Katim) dan Kabagminpers Diskual, Letkol Laut (S) FX. Joko Prasetya., Kasubsi Wasgar Subdis Garbia Diskual, Mayor Laut Kaswanto, Kasubag Investasi BP Tablin Diskual, Mayor Laut (S) Arif Affendi, serta Kasubsi Neraca Subdis APK Diskual, Kapten Laut (S) Isma Budiawan.

BACA JUGA  Jabat Pangkostrad, Dudung Abdurachman Naik Pangkat

Dalam pengelolaan Tabungan Disiplin TNI AL, Kepala Staf Angkatan Laut sebagai pembina, dan Asisten Personel Kasal sebagai pengendali sekaligus pengawas, sedangkan pengelola administrasi oleh Kadiskual.

Salah satu kebijakan pimpinan TNI AL saat ini Tabungan Disiplin digunakan untuk memperoleh perumahan pribadi melalui Dinas (PPMD) TNI AL. Terdiri dari pinjaman pemilikan rumah yang meliputi perumahan yang disediakan melalui kerjasama dengan pengembang, pembangunan rumah di tanah sendiri bersertifikat dan pembelian rumah bersertifikat serta renovasi rumah pribadi bersertifikat.

Adapun plafond pinjaman disesuaikan dengan strata kepangkatan baik Perwira Menengah, Perwira Pertama, dan Bintara dan Tamtama serta PNS sederajat.

Pada kesempatan ini juga disampaikan sosialisasi tentang Tunjangan Operasi Pengamanan Pulau-pulau Terkecil Terluar dan Wilayah Perbatasan, dan Pengakhiran Dinas Keprajuritan. Meliputi Masa Persiapan Pensiun (MPP), Pemberhentian Dengan Hormat (PDH), dan Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH), serta fasilitas asuransi kecelakaan dari bank mitra (Payroll)

Dengan adanya sosialiasi tentang Tabungan Disiplin ini, dapat memberikan pencerahan kepada setiap prajurit Angkatan Laut, bahwa Pimpinan TNI AL memberikan kemudahan untuk memiliki rumah pribadi dengan memanfaatkan tabungan tersebut secara bijaksana.

BACA JUGA  Pimpin Sertijab Dandenma, Ini Pesan Danlantamal XII

Danlantamal XII, Brigjen TNI Marinir Andi Rukman mengucapkan terima kasih kepada Tim Dinas Keuangan Angkatan Laut yang telah menyempatkan waktunya untuk melaksanakan kunjungan kerja di Lantamal XII selama 2 hari. Pada hari pertama akan melaksanakan sosialisasi tentang pengelolaan tabungan disiplin atau tablin TNI AL dan administrasi tentang hak-hak. Kemudian dilanjutkan hari kedua yaitu bimbingan teknis laporan keuangan.

Ia berpesan kepada setiap prajurit untuk memahami bahwa kegiatan kunjungan kerja di Lantamal XII ini merupakan peluang bagi prajurit dan PNS untuk mengetahui secara langsung tentang berbagai isu dan aturan serta kebijakan pemimpin TNI AL saat ini.

Selain itu diharapkan jika ada permasalahan di bidang terkait, bisa didapatkan solusi atau penyelesaiannya dengan baik yang pada akhirnya bisa menjadi bahan masukan bagi pemimpin TNI AL untuk menentukan kebijakan.

“Saya berharap bahwa kegiatan kunker ini tidak hanya bersifat rutinitas namun lebih memberikan manfaat yang dapat dirasakan oleh seluruh personel Lantamal XII secara nyata” harap Danlantamal.(L4Y)

BACA JUGA  Pimpin 12 Personel Naik Pangkat, Ini Amanat Kodim 1619/Tabanan
  • Bagikan

Comment