DENPASAR, SUDUTPANDANG.ID – Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Silmy Karim meninjau langsung pelayanan keimigrasian di Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Denpasar, Kamis (12/1/2022).
Kunjungan ini merupakan kunjungan pertamanya ke Bali sejak dirinya dilantik sebagai Dirjen Imigrasi baru-baru ini.
Hadir mendampingi Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Bali, Anggiat Napitupulu, Kepala Kantor Imigrasi Denpasar, Tedy Riyandi, Kepala Kantor Imigrasi Ngurah Rai Sugito serta Kepala Rumah Detensi Imigrasi Denpasar Babay Baenullah beserta jajaran.
Selama melakukan peninjauan, Silmy Karim melihat fasilitas serta alur pelayanan yang ada di Kantor Imigrasi Denpasar.
Ia juga menyempatkan berbincang-bincang dengan para pemohon untuk mendapatkan masukan serta kesan selama berada di Kantor Imigrasi Denpasar.
Silmy Karim juga memberikan arahan kepada seluruh jajaran pada Kantor Imigrasi Denpasar untuk mengutamakan pelayanan yang prima kepada masyarakat mengingat Bali merupakan destinasi wisata dunia dan wajah cantik Indonesia.
“Pelayanan yang cepat dan bersih, gunakan hati dalam melayani masyarakat” ucap Silmy Karim.
Selain pelayanan, Silmy Karim juga menargetkan digitalisasi pada pelayanan di Kantor-kantor Imigrasi. Menurutnya, dengan adanya digitalisasi pelayanan akan lebih cepat dan mudah.

Silmy Karim mengakui masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan pada fasilitas guna mendukung pelayanan di Kantor Imigrasi Denpasar. Salah satunya ruang tunggu bagi permohonan pelayanan asing di Kantor Imigrasi Denpasar yang terlihat penuh sesak.
Kendati demikian, ia percaya dengan kerja sama yang baik, permasalahan-permasalahan dapat segera teratasi.
“Jabatan merupakan amanah yang harus dijalankan dengan sebaik-baiknya. Saya berharap ke depannya Imigrasi bisa menjadi organisasi yang lebih hebat lagi,” tutur eks Dirut PT Krakatau Steel Tbk ini.(one/01)