Gondol 2 Emas di Vietnam, Rifda kian Semangat Menuju Paris 2024

Rifda Irfanaluthfi. (Foto: NOC Indonesia/MP Media/Iqbal Fauzi)

QUAN NGUA, SUDUTPANDANG.ID – Atlet senam artistik Indonesia Rifda Irfanaluthfi mampu membuktikan prestasinya di SEA Games 2021 Vietnam. Rifda menggondol dua medali emas di dua nomor senam artistik, all around dan floor exercise.

Rifda bahagia luar biasa ketika namanya terpampang di urutan teratas nomor floor exercise papan skor di Quan Ngua Sports Palace, Senin (16/5/22) kemarin. Ini adalah medali emas kedua yang didapatkannya di Vietnam, setelah sebelumnya tampil terbaik di nomor all around dan menempati urutan ketiga nomor vault table. Dua emas itu membawa arti besar bagi Rifda. Bagaimana tidak, ini adalah kali pertama ia membawa pulang emas di nomor all around dan floor exercise di pesta olahraga multicabang kawasan Asia Tenggara.

IMG-20220125-WA0002

Hasil ini sekaligus menyempurnakan gairahnya menuju Olimpiade 2024 Paris. “Saya sempat bilang ini SEA Games terakhir, tetapi bukan berarti pensiun. Justru saya ingin berprestasi lebih tinggi lagi, seperti Asian Games dan Olimpiade. Semoga bisa diberi kesehatan dan tidak ada cedera sehingga bisa ke Olimpiade 2024 Paris,” kata Rifda, seperti diterima redaksi, Selasa (17/5/22).

Turun di nomor floor exercise, Rifda berhak atas medali emas bersama usai membukukan nilai 12.700, angka yang sama dengan raihan Sasiwimon Mueangphuan. Perunggu diamankan tuan rumah Nhu Phuong Pham dengan Nilai 12.033. sebelumnya, Rifda juga menggondol emas saat turun di nomor all around, yang memperlombakan palang bertingkat (uneven bars), balok keseimbangan (balance beam), artistik lantai (floor exercise), kuda lompat (vaulting horse).

Hasilnya luar biasa, ia meraih nilai tertinggi dengan total sebesar 49.650. Nilai ini lebih tinggi dari capaian pesenam impor Filipina berdarah Amerika Serikat, Aleah Finnegan, yang harus puas meraih medali perak pada debutnya SEA Games 2021. “Sejujurnya persaingan senam di level ASEAN Sekarang sangat kuat, Filipina punya Aleah yang pernah menjadi anggota senam Timnas AS dan pesenam muka lama juga semakin jago,” ujar Rifda.

“Ini membuat mata saya terbuka dan semangat belajar lebih untuk meningkatkan kesulitan geraka. Target terdekat ingin dapat medali lagi di Asian Games, tetapi karena ditunda mungkin saya ingin fokus untuk single event World Championship di Liverpool, Oktober 2022. Jadi pulang dari SEA Games, saya lanjut pelatnas sampai Desember,” tutupnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.