Hemmen

Emas Pertama Sejak 1977, Timnas Basket Cetak Sejarah

Bolabasket Indonesia cetak sejarah. Untuk kali pertama sejak Indonesia ikut SEA Games pada 1977, cabang olahraga bolabasket meraih medali emas di edisi 2021. /(Foto: Tim Humas dan Media PP Perbasi)

TANHTRI, SUDUTPANDANG.ID – Bolabasket Indonesia cetak sejarah. Untuk kali pertama sejak Indonesia ikut SEA Games pada 1977, cabang olahraga bolabasket mendapatkan emas di multieven antarnegara ASEAN tersebut.

Kepastian itu didapat setelah Timnas Bolabasket 5×5 Putra mengalahkan Filipina 85-81 pada partai pamungkas cabang olahraga bolabasket SEA Games 2021 di Thanh Tri Gymnasium, Minggu (22/5/22). Kemenangan atas Filipina itu menyempurnakan perjuangan Arki Dikania Wisnu dkk selama SEA Games Hanoi. Sebab, sejak bertarung di Thanh Tri Gymnasium, semua lawan dibabat habis.

Kemenkumham Bali

Mulai dari Malaysia ditaklukkan 95-92, lalu kalahkan Thailand 78-75, atasi Kamboja 94-44, hempaskan Singapura 91-61, dan menekuk Vietnam 94-67. “Anak-anak sangat deserve this gold medal. Setelah perjuangan anak-anak, saya rasa ini momentum yang tepat karena kita Juli sudah FIBA Asia,” kata Manajer Timnas Bolabasket 5×5 Putra Jeremy Imanuel Santoso, seperti dilaporkan Tim Humas dan Media PP Perbasi.

BACA JUGA  Perbasi Revisi Jadwal TC Timnas Bolabasket Indonesia

“Semoga kita juga bisa mencapai target di FIBA Asia yaitu top eight dan qualify untuk World Cup tahun depan di Indonesia. Thank you Sekjen yang selalu dukung Bolabasket putra putri 100 ribu persen,” lanjutnya.

Saat menghadapi Filipina, para pemain sedikit kesulitan di awal. Mereka sempat tertinggal. Namun pelan tapi pasti mereka terus mengejar. Semangat pantang menyerah ini ternyata ada pemantiknya. Sebelum masuk lapangan, para pemain telah mendapatkan wejangan dari Menpora Zainudin Amali. Kepada pemain, Menpora membakar semangat untuk membalas apa yang dilakukan Filipina pada SEA Games 2019 di Manila demi medali emas.

Sementara dari sektor putri, Timnas Bolabasket 5×5 Putri sukses memperbaiki catatan pada SEA Games sebelumnya. Ini setelah Henny Sutjiono dkk membawa pulang medali perak. Capaian ini mengulang SEA Games 2015. Namun perak kali ini berasa emas karena poin yang diraih timnas putri sama dengan Filipina yang mendapatkan emas. (red)

Tinggalkan Balasan