Hadapi Pemilu 2024, Bawaslu Kabupaten Madiun Luncurkan Sentra Gakkumdu

Bawaslu Kabupaten Madiun launching Sentar Pelayanan Hukum Terpadu (Gakkumdu), Rabu (7/12/2022) Foto:DNY SP

MADIUN, SUDUTPANDANG.ID – Menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Madiun, meluncurkan Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu), Rabu (7/12/2022).

Sentra Gakkumdu merupakan pusat aktivitas penegakan hukum tindak pidana pemilu yang terdiri dari unsur Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan. Dalam pelaksanaannya, Sentra Gakkumdu bertugas untuk menangani berbagai tindak pidana pemilu.

IMG-20220125-WA0002

Launching Gakkumdu yang berlangsung di Kota Madiun in, turut dihadiri oleh perwakilan anggota parpol, pihak Polres Madiun serta Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Madiun.

Ketua Bawaslu Kabupaten Madiun, Nur Anwar, mengatakan, peluncuran Gakkumdu bersama elemen terkait untuk menyamakan pemahaman dan pandangan dalam penanganan tindak pidana pemilu.

“Kita harus menyamakan pemahaman dan pandangan dalam penanganan tindak pidana pemilu,” ujar Nur Anwar.

Kendati demikian, lanjut Nur Anwar, jika terjadi permasalahan di luar lingkup tersebut, maka penanganannya akan dilakukan oleh Bawaslu sendiri.

Untuk itu, pihaknya berharap dalam kontestasi pemilu mendatang anggotanya agar bekerja sesuai tugas dan fungsinya dalam melakukan pencegahan dan pengawasan maupun penindakan pelanggaran.(DNY/01)

Penulis: Denny Rubi TrisnawanEditor: Rukmana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *