Hemmen

Jokowi Resmikan Pelabuhan Wani dan Pantoloan di Palu

Pelabuhan wani
Jokowi Resmikan Pelabuhan Wani dan Pantoloan di Palu (foto:Antara)

PALU, SUDUTPANDANG.ID –Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pelabuhan Wani dan Pelabuhan Pantoloan, yang merupakan proyek rehabilitasi dan rekonstruksi infrastruktur pelabuhan pascabencana 2018 di Kawasan Teluk Palu, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

“Pelabuhan pernah luluh lantak dan berkat kegigihan semuanya, Alhamdulillah, kita resmikan rehabilitasi dan rekonstruksi infrastuktur pelabuhan di Kawasan Teluk Palu, yaitu Pelabuhan Wani dan Pelabuhan Pantoloan,” kata Presiden Jokowi, Rabu (27/3/2024).

Kemenkumham Bali

Presiden juga mengatakan bahwa dua pertiga dari negara Indonesia adalah berupa air dan samudera, sehingga sektor maritim dan pelabuhan menjadi kunci bagi perkembangan ekonomi Indonesia.

Menurut Presiden, keberadaan pelabuhan sangat penting bagi mobilitas barang maupun orang, namun bencana alam gempa bumi dan tsunami pada tahun 2018 di Kota Palu, Sulawesi Tengah tersebut.

BACA JUGA  Presiden Jokowi 'Nyoblos' di TPS 10 Gambir

Menyikapi hal itu, Presiden mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 10 Tahun 2018 tentang Percepatan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana Gempa Bumi dan Tsunami di Provinsi Sulteng dan wilayah terdampak lainnya.

Karena itu, Pelabuhan Wani dan Pelabuhan Pantoloan di Kawasan Teluk Palu merupakan dua pelabuhan yang telah direhabilitasi dan direkonstruksi pascabencana gempa bumi yang melanda pada 28 September 2018 lalu.

“Rehabilitasi ini dibiayai dari Asian Development Bank (ADB) sebesar Rp233 miliar dengan tujuan mengembalikan fungsi pelabuhan yang terdampak bencana gempa dan tsunami,”ujarnya.

Selain itu, kata Presiden, bertujuan untuk meningkatkan kapasitas layanan pelabuhan sebagai simbol aktivitas logistik dan meningkatkan konektivitas daerah untuk mendukung aktivitas ekonomi di Provinsi Sulawesi Tengah.(PR/04)