Hemmen
Berita  

Kamis Pagi, Gunung Semeru Bergolak Lagi

Gunung Semeru saat meletus dan terpantau dari Pos Pengamatan Gunung Semeru di Gunung Sawur, Desa Sumberwuluh, Kabupaten Lumajang, Jatim, Senin (25/12/2023). FOTO: vsi.esdm.go.id

LUMAJANG, SUDUTPANDANG.ID – Kamis 25 Januari 2024 pagi, Gunung Semeru, yang berlokasi di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur, kembali mengalami erupsi.

Informasi ini disampaikan oleh Sigit Rian Alfian, petugas Pos Pengamatan Gunung api Semeru, dalam keterangan tertulisnya di Pos Pengamatan Gunung Semeru di Gunung Sawur, Kabupaten Lumajang.

Ketinggian letusan mencapai 900 meter di atas puncak atau setara dengan 4.576 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Erupsi terjadi pada Kamis, 25 Januari 2024, pukul 05.06 WIB, dengan kolom abu vulkanik yang teramati berwarna putih hingga kelabu, bergerak ke arah barat.

Sebelumnya, Gunung Semeru mengalami tiga kali erupsi pada Rabu (24/1) pada pukul 07.25 WIB, pukul 08.55 WIB, dan pukul 19.14 WIB. Erupsi-erupsi tersebut memunculkan kolom abu vulkanik dengan ketinggian
bervariasi.

BACA JUGA  Kasus Pengeroyokan, Pacar Lolly Dibebaskan Usai RJ Terwujud

Warga diminta tidak beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah/puncak Gunung Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu.

Selain itu, potensi awan panas, guguran lava, dan lahar juga perlu diwaspadai di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru.(antaranews/06)

Kesbangpol Banten