Hemmen

Kecelakaan Lokomotif Kereta Cepat di Bandung, Polri Cek TKP

Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) menjalani uji operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (16/11/2022). Proses uji coba operasional Kereta Cepat Jakarta Bandung sejauh 15 km dengan kecepatan terbatas 80 km/jam tersebut disaksikan oleh Presiden Joko Widodo dan Presiden China Xi Jinping secara daring disela KTT G20 di Bali. FOTO:dok.Ant

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Mabes Polri mengirimkan Tim Laboratorium Forensik dan Inafis Polri untuk membantu Polda Jabar mengecek tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan yang melibatkan gerbong teknis dan lokomotif kereta cepat di proyek Jalan Tol Jakarta-Bandung (KCJB) di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo usai Sidang Banding Satgas Humas Polri dalam Rangka Operasi Linin 2022 di Mabes Polri, Jakarta, Senin (19/12/2022) mengatakan, tim melakukan olah TKP bersama kementerian dan instansi terkait.

“Tim Labfor dan dari Mabes Polri, kemudian Inafis berlapis Polda Jabar. Labfor Cabang Jawa Barat termasuk Inafis Cabang Barat sudah turun ke TKP,” katanya.

BACA JUGA  Gedung Balai Kota Bandung Terbakar, Walikota dan Seluruh Pegawai Berlarian

Peristiwa ini menarik perhatian netizen dan video klip amatir peristiwa tersebut beredar luas di dunia maya.

Menurut dia tim kepolisian bersama kementerian dan lembaga terkait sedang menyelidiki penyebab kecelakaan tersebut.

Ia menyatakan, ada korban jiwa dalam kecelakaan itu, yakni dua orang meninggal dunia dan lima orang luka berat.

Terkait kecelakaan tersebut, kata dia, penyidik ​​Polda Jabar telah melakukan pemeriksaan dan meminta keterangan sejumlah saksi di lokasi kejadian.

“Saksi yang sudah diperiksa penyidik ​​Polres Jabar Barat menurut informasi yang saya dapat tadi malam ada sekitar 18 orang,” ujarnya.

Ia mengatakan, upaya untuk mengetahui penyebab kecelakaan mobil tersebut masih terus dilakukan, tidak hanya dari pihak kepolisian, tetapi juga dari anggota Komite Nasional Kecelakaan Transportasi, termasuk dari PT Kereta Api Indonesia (KAI).

BACA JUGA  Jangan Ngaku Orang Jawa Barat Kalau Gak Suka Karedok

“Bila perlu, kami akan melibatkan pihak luar sebagai penyedia mobil. Sehingga hasilnya akan dikomunikasikan secara komprehensif ke media,” ujarnya.

Menurutnya, Tim Inafis telah mengidentifikasi korban kecelakaan mobil, baik yang meninggal dunia maupun yang luka-luka.

Kemudian, lanjutnya, hari ini tim kepolisian memeriksa semua yang ada di jalur penyeberangan, titik tabrakan, dan kereta yang digunakan untuk uji coba.

“Semuanya akan kami cek. Ini butuh proses,” katanya.

Kecelakaan yang melibatkan gerbong teknis dan lokomotif kereta cepat di proyek Jalan Tol Jakarta-Bandung (KCJB) terjadi di Desa Cempaka, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Ahad (18/12) sekitar pukul 16.00 WIB.

Lokomotif kereta api cepat yang melaju kencang dari arah Padalarang menuju Jakarta hingga menabrak gerbong teknis yang berada di luar rel kereta api. (02/Ant)

Kesbangpol Banten

Tinggalkan Balasan