Hemmen

Kemenkes di Gaza: 17.200 Orang Tewas Akibat Serangan Zionis Israel

Warga sipil, termasuk balita tewas dan lainnya terluka dalam agresi zionis militer Israel yang sedang berlangsung di Jalur Gaza, Palestina pada Jumat (17/11/2023) malam. FOTO: english.wafa.ps

GAZA-PALESTINA, SUDUTPANDANG.ID – Kementerian Kesehatan(Kemenkes) di Gaza, Palestina mengungkapkan bahwa jumlah korban tewas warga Palestina akibat serangan zionis Israel di Jalur Gaza bertambah menjadi 17.177 sejak 7 Oktober 2023.

Kantor Berita Anadolu mengutip juru bicara Kemenkes Palestina di wilayah kantong itu, Ashraf al-Qudra dalam konferensi pers, di Gaza, Jumat (8/12/2023) menyatakan sekitar 70 persen korban adalah anak-anak dan perempuan.

Ia juga mengungkapkan 46 ribu orang lainnya terluka akibat serangan gencar Israel di wilayah Palestina yang diblokade tersebut.

“Paling sedikit 290 petugas medis tewas, 103 ambulans hancur dan 160 pusat layanan kesehatan menjadi sasaran serangan Israel, sementara 20 rumah sakit dan 46 pusat perawatan primer terpaksa tidak berfungsi,” kata al-Qudra.

BACA JUGA  Stok Vaksin Covid-19 Menipis, Kemenkes Batasi Pemberian Boosters

“Kami menghadapi kesulitan dalam menghitung jumlah korban tewas dan korban luka akibat serangan itu dan putusnya komunikasi,” tambahnya.

Israel melanjutkan serangan militer ke Jalur Gaza pada 1 Desember setelah jeda kemanusiaan selama seminggu berakhir.

Israel melancarkan serangan militer besar-besaran terhadap Jalur Gaza menyusul serangan lintas batas Hamas pada 7 Oktober yang disebut-sebut menewaskan 1.200 warga Israel. (02/Ant)

Kesbangpol Banten