Kisah di Balik Koleksi Mahkota & Perhiasan Ratu Elizabeth II, Penuh Nilai Cerita

Belgian Saphire Tiara/Foto :(instagram.com/chrisjacksongetty)

LONDON, SUDUTPANDANG.ID –Ratu Elizabeth II menjadi bagian dari kenangan bagi semua orang, khususnya masyarakat di Britania Raya ya, Bunda? Banyak hal yang menarik dari sosok Ratu Inggris tersebut, salah satunya soal penampilan.

Ya, penampilan sang Ratu kerap menjadi sorotan media, terutama pada koleksi perhiasan dan mahkotanya yang sering dikenakannya.

IMG-20220125-WA0002

Bukan sembarangan perhiasan, semuanya yang ia miliki dibuat dari batu permata dan permata terbaik di dunia. Sebagian perhiasan yang dikenakan adalah warisan dari para leluhurnya.

PERHIASAN RATU ELIZABETH II

Apa saja koleksi perhiasan Ratu Elizabeth II? Simak sebagai berikut, ya

1. ST. EDWARD CORONATION CROWN

Ini merupakan mahkota yang tentunya tidak akan terlepas dan selalu dikenakan Ratu Elizabeth II sejak dia naik takhta¬†pada 1952. St. Edward’s Coronation Crown adalah mahkota yang dikenakan oleh Raja dan Ratu Inggris ketika mereka akan naik takhta. Mahkota ini dikenakan pertama kali oleh Raja Charles II pada 1661.

Setelah 200 tahun disimpan, pada 1911, mahkota tersebut kembali digunakan saat Raja George V naik takhta, juga oleh para penerus takhta Kerajaan Inggris berikutnya

Rangka mahkotanya terbuat dari emas dengan tinggi 30 centimeter. Terdapat 444 batu mulia dan mempunyai berat keseluruhan 2 kilogram. Setelah Ratu Elizabeth II wafat, mahkota ini nantinya akan diwariskan kepada Raja Charles III.

2. BELGIAN SAPPHIRE TIARA

Sebelum menjadi mahkota, perhiasan batu safir tersebut awalnya berupa kalung yang dimiliki oleh Putri Louise dari Belgia. Ratu Elizabeth II kemudian membelinya pada tahun 1963 dan mendesain ulang bentuknya menjadi mahkota.

Mahkota ini kemudian menjadi bagian dalam 1 set perhiasan batu safir yang pernah diberikan oleh ayahnya, Raja George VI, di hari pernikahannya pada tahun 1947. Keseluruhan perhiasan tersebut terdiri dari mahkota, anting, kalung, serta gelang yang kerap dikenakannya di berbagai acara penting.

3. THE CAMBRIDGE EMERALD

The Cambridge Emerald mempunyai sejarah cukup panjang hingga kemudian menjadi perhiasan milik Ratu Elizabeth II, Bunda/ Perhiasan ini tadinya tidak berupa kalung maupun gelang, namun berupa 30 hingga 40 buah batu mulia zamrud yang dimenangkan oleh Duchess of Cambridge lewat permainan lotere.

Batu zamrud ini kemudian dibuat perhiasan berupa kalung, anting, gelang, dan bros, sampai diwariskan kepada Queen Mary yang juga nenek dari Ratu Elizabeth II.

Pada tahun 1921, Queen Mary membeli mahkota dari bangsawan Rusia, Elena Vladmiriovna. Bersama pengrajin perhiasan Kerajaan Inggris, batu zamrud warisan ibunya dibentuk sedemikian rupa untuk mengganti mutiara asli dari mahkotanya.

Bahkan sampai di masa Ratu Elizabeth II, batu zamrudnya bisa dilepas dan diganti dengan batu mulia lain yang disesuaikan dengan warna pakaiannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.