KSOP Kupang Siap Hadapi Lonjakan Penumpang

KSOP Kupang siap menjalankan tugas pelayanan Nataru/Foto: Dok.Kemenhub

Kupang, Sudut Pandang.id-Memasuki periode Angkutan Laut Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru), Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Dithubla) Kementerian Perhubungan terus melakukan koordinasi dengan instansi terkait, termasuk di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Berbagai persiapan telah dilakukan oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kupang dalam menghadapi lonjakan penumpang saat libur Nataru.

IMG-20220125-WA0002

“Tercatat pada angkutan Nataru tahun lalu penumpang yang naik dari pelabuhan Tenau Kupang sebanyak kurang lebih 15.972 orang dan penumpang turun kurang lebih 16.501 orang. Kemungkinan pada tahun ini akan ada kenaikan penumpang naik dan turun di Pelabuhan Kupang,” ujar Kepala Kantor KSOP Kelas III Kupang Aprianus Hangki, usai memonitoring kesiapan Angkutan Nataru di Pelabuhan Kupang, Selasa (17/12/2019).

Hengki mengatakan, sejumlah kapal penumpang telah dipersiapkan. Terdiri dari 6 kapal PeIni, 7 kapal penyeberangan, 5 kapal swasta dan 4 kapal perintis yang akan melayani masyarakat di wilayah Kupang yang notabene adalah wilayah kepulauan dan mayoritas penduduknya 70 persen beragama nasrani.

“Kesiapan lain yang telah dilakukan dengan melakukan uji petik kelaiklautan kapal penumpang dan juga membangun Posko Angkutan Laut Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Terminal Penumpang Pelabuhan Tenau Kupang,” katanya.

KSOP Kupang melakukan pengecekan/Foto: Dok.Kemenhub

“Uji petik telah dilakukan dari bulan November kemarin dan masih terus dilakukan sampai hari ini guna menjamin keselamatan pelayaran saat liburan nanti,” tambah Hangki.

Upaya tersebut, lanjutnya, merupakan bentuk pelayanan yang diberikan KSOP Kupang kepada masyarakat. Menurutnya, tidak hanya saat Nataru saja, namun juga dilakukan menjelang Idul Fitri dan Paskah yang merupakan hari besar di wilayah NTT.

“Sedangkan untuk Apel Kesiapan sekaligus pembukaan Posko Angkutan Laut Nataru akan dilaksanakan pada Rabu besok, 18 Desember 2019 dengan melibatkan seluruh instansi dan stakeholder terkait di pelabuhan,” ungkap Hangki.

Ia menjelaskan, dalam melaksanakan Posko Angkutan Laut Nataru beberapa instansi akan saling berkoordinasi dan melaksanakan piket jaga di terminal penumpang Tenau Kupang, mulai dari petugas KSOP, Polair, Angkatan Laut, Pelni, ASDP dan unsur terkait lainnya.

“Kami juga akan memberikan himbauan kepada para insan pelayaran agar melaksanakan kegiatan Angkutan Nataru dengan penuh kesabaran dan mengedepankan keselamatan pelayaran,” imbuhnya.

“Diharapkan aspek-aspek keselamatan pelayaran dan kenyamanan penumpang dalam menggunakan transportasi laut akan terselenggara dengan baik,” harap Hengki.(bmg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.