Kunjungi Mapomdam IX/Udayana, Pangdam Tegaskan Soal Ini

Pomdam Udayana
Foto:Dok.Pendam IX/Udayana

“Berkaca dari fungsi-fungsi tersebut, maka personel Polisi Militer khususnya Pomdam IX/Udayana harus menjadi penegak hukum disiplin dan tata tertib yang adil di dalam tubuh TNI AD. Jangan pernah melindungi tindak pidana yang terjadi kepada siapapun.”

DENPASAR, SUDUTPANDANG.ID – Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, mengunjungi Markas Polisi Militer Kodam (Pomdam) IX/Udayana, Jl. Raya Puputan No. 5, Dauh Puri, Denpasar, pada Senin (3/10/2022).

IMG-20220125-WA0002

Didampingi Asrendam dan para Asisten Kasdam IX/Udayana, Pangdam saat tiba di Mapomdam disambut oleh Danpomdam IX/Udayana Kolonel Cpm Novem Janri Rajagukguk, serta seluruh personel dan PNS.

Dalam arahannya saat bertatap muka dengan seluruh personel Pomdam IX/Udayana, Pangdam memaparkan soal fungsi utama Polisi Militer Angkatan Darat (Pomad). Di antaranya Penyelidikan Kriminal dan Pengamanan Fisik (Lidpamfik), Penegakan Disiplin dan Tata Tertib Militer (Gakplintatib), Penyidikan (Idik), Pengurusan Tahanan Militer (Rustahmil), Pengurusan Tahanan Operasi/Interniran Perang (Rustahops/Intern), Pengawalan (Wal) Protokol Kenegaraan Pengendalian Lalu Lintas Militer (Dallalin) dan Penyelenggaraan SIM TNI.

“Berkaca dari fungsi-fungsi tersebut, maka personel Polisi Militer khususnya Pomdam IX/Udayana harus menjadi penegak hukum disiplin dan tata tertib yang adil di dalam tubuh TNI AD. Jangan pernah melindungi tindak pidana yang terjadi kepada siapapun,” tegas Pangdam.

Pomdam Udayana
Foto:Dok.Pendam IX/Udayana

Terkait dengan tugas ke depan, Kodam IX/Udayana pada November mendatang akan menghadapi kegiatan internasional yang mengundang para delegasi negara sedunia. Hal tersebut membutuhkan keseriusan agar kegiatan dapat berjalan dengan aman dan lancar.

“Fungsi dan tugas Pomdam IX/Udayana dalam KTT G20 tidaklah mudah, hal ini memerlukan fokus dan keseriusan yang tinggi, oleh karenanya agar dilaksanakan dengan baik dan terkoordinir dengan memaksimalkan penampilan sebagai prajurit Polisi Militer Kodam IX/Udayana,” pungkas Pangdam.

Usai memberikan pengarahan, Pangdam selanjutnya meninjau pangkalan dan Instalasi Tahanan Militer (Staltahmil) untuk mengecek tahanan militer yang berada di Mapomdam IX/Udayana. Pangdam juga menyempatkan diri melakukan pengecekan terhadap kendaraan yang biasa digunakan untuk pengawalan.

Sebelum meninggalkan Mapomdam, Pangdam dalam kesan dan pesan menuliskan “Tegakkan Hukum, Disiplin dan Tata Tertib Prajurit Kodam IX/Udayana. Tetap Semangat”. (One)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.