Hemmen

Luncurkan Abu Setinggi 800 Meter, Gunung Semeru Meletus Lagi

Gunung Semeru mengalami erupsi, yang terpantau dari pos pengamatan gunung api di Gunung Sawur, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (12/2/2024). FOTO: dok.Ant

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Gunung Semeru yang berada di dua daerah, yakni Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur, Senin (12/2/2024) meletus lagi dan mengeluarkan abu vulkanik setinggi 800 meter dari pusat kawah gunung itu, demikian laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

“Amplitudo maksimum 22 milimeter dan durasi 131 detik,” kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru, Yadi Yuliandi dalam laporan yang diterima di Jakarta, Senin (12/2).

Ia menjelaskan letusan itu terjadi pukul 06.02 WIB dengan kolom abu intensitas sedang berwarna putih hingga kelabu mengarah ke tenggara.

PVMBG mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan sejauh 13 kilometer dari pusat erupsi.

BACA JUGA  Sidak ke Bandara Kertajati, Kemnaker Pulangkan 32 Pekerja Migran Tak Prosedural

Di luar jarak tersebut, masyarakat juga tidak diperbolehkan melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 kilometer dari puncak.

PVMBG juga mengimbau masyarakat untuk tidak beraktivitas dalam radius lima kilometer dari puncak Gunung Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu.

Pada Ahad (11/2) periode pukul 00.00 hingga 24.00 WIB Gunung Semeru tercatat mengalami 88 kali gempa letusan, delapan kali gempa guguran, 19 kali gempa hembusan, 22 kali gempa harmonik, dan 3 kali gempa tektonik jauh.

Sedangkan 12 Februari 2024 dalam periode 00.00 hingga 06.00 WIB, Gunung Semeru telah mengalami 19 kali gempa letusan, satu kali gempa guguran, dan 11 kali gempa hembusan.

BACA JUGA  Polda Metro Jaya Sinergi Pemprov DKI Gelar Pasar Murah

Gunung Semeru merupakan gunung api paling aktif di Indonesia. Sepanjang tahun lalu, tertinggi di Pulau Jawa itu mengalami 29.131 kali erupsi.

PVMBG terus memantau secara visual dan instrumental Gunung Semeru dari dua pos pengamatan gunung api yang berada di Desa Sumber Wuluh Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, serta di Desa Argosuko, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, kata Yadi Yuliandi. (02/Ant)

Kesbangpol Banten