Bali  

Mantap..! Kemenkumham Bali Hadirkan Layanan Publik Terpadu di Pusat Perbelanjaan 

Mantap..! Kemenkumham Bali Hadirkan Layanan Publik Terpadu di Pusat Perbelanjaan 
Kadiv Yankumham, Alexander Palti, saat mengunjungi stand pameran yang digelar Kemenkumham Bali di salah satu mal Denpasar, Sabtu (3/8/2024). (Foto: Kemenkumham Bali)

DENPASAR, SUDUTPANDANG.ID – Kanwil Kemenkumham Bali membuka layanan publik terpadu di salah satu pusat perbelanjaan di Denpasar selama dua hari, Sabtu – Minggu (3 – 4 Agustus 2024).

Kehadiran layanan publik terpadu di mal tersebut untuk lebih memudahkan terkait layanan Kemenkumham kepada masyarakat.

Kemenkumham Bali

Mereka mendapatkan kesempatan untuk mengakses berbagai layanan penting. Antara lain layanan keimigrasian, pengurusan paspor, izin tinggal, dan informasi keimigrasian lainnya.

Menurut Kakanwil Kemenkumham Bali melalui Kadiv Yankumham, Alexander Palti, melalui kegiatan ini telah menunjukkan komitmennya dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Diharapkan kegiatan serupa dapat terus dilakukan di masa mendatang untuk semakin mempermudah akses masyarakat terhadap layanan publik,” harap Alexander Paltim dalam keterangannya di Denpasar, Sabtu (3/8/2024).

Alexander Palti menjelaskan, kegiatan ini merupakan rangkaian Hari Pengayoman ke-79. Acara ini menghadirkan seluruh layanan publik Kemenkumham dalam satu tempat yang menunjukan komitmen nyata Kemenkumham dalam mewujudkan good governance guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

BACA JUGA  Kanwil Kemenkumham Bali Kembali Raih Penghargaan

“Melalui acara ini masyarakat akan mendapatkan kesempatan untuk mengakses berbagai layanan penting, termasuk layanan keimigrasian, pengurusan paspor, izin tinggal, dan informasi keimigrasian lainnya,” terangnya.

“Kemudian layanan Kekayaan Intelektual: pendaftaran merek, hak cipta, paten, dan konsultasi terkait kekayaan intelektual. Layanan Administrasi Hukum Umum: legalisasi dokumen, pengesahan akta, dan informasi hukum lainnya,” sambung Alexander Paltim

Selain layanan publik, lanjutnya, acara ini juga dimeriahkan dengan pameran produk-produk original karya warga binaan pemasyarakatan.

“Ini merupakan kesempatan langka untuk melihat dan membeli produk-produk berkualitas hasil karya warga binaan, sekaligus mendukung program pembinaan mereka,” ujarnya.

Untuk di wilayah Bali sendiri, kegiatan layanan publik ini diselenggarakan oleh Kanwil Kemenkumham Bali di Mall Living Word, Jl. Gatot Subroto, Denpasar pada 3 hingga 4 Agustus 2024.

“Pusat perbelanjaan dipilih sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan ini tentu bukan tanpa alasan, hal ini bertujuan agar masyarakat yang datang untuk menikmati suasana belanja dan liburan dapat sekaligus mengurus berbagai keperluan administratif yang disediakan oleh Kanwil Kemenkumham Bali,” paparnya.

BACA JUGA  Dua WNA Pemalsu Paspor Dideportasi dari Bali Usai Dibui

Bagi yang merencanakan perjalanan ke luar negeri, misalnya, dapat langsung mengurus pembuatan paspor di stand layanan Keimigrasian.

“Sementara bagi para pelaku usaha, layanan Kekayaan Intelektual sangat bermanfaat untuk melindungi hak atas kekayaan intelektual mereka,” tuturnya.

Selain itu, layanan Administrasi Hukum Umum juga sangat membantu masyarakat, terutama bagi yang ingin mendirikan perusahaan atau memiliki pertanyaan terkait kewarganegaraan.

Karya Warga Binaan 

Sembari menikmati seluruh layanan tersebut, pengunjung juga dapat melihat sekaligus membeli langsung produk-produk kerajinan tangan hasil karya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang berkualitas dan memiliki nilai seni tinggi.

“Kegiatan ini merupakan wujud nyata komitmen kami untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Dengan menghadirkan layanan di pusat perbelanjaan, kami berharap masyarakat lebih mudah mengakses dan mendapatkan layanan maupun informasi yang dibutuhkan” harap Palti.

BACA JUGA  Kakanwil Kemenkumham Bali Hadiri Seminar Haluan Pembangunan Bali Masa Depan

Pihaknya mengucapkan terima kasih Kepada Pimpinan Mall Living World beserta jajaran atas dukungannya kepada Kanwil Kemenkumham Bali dalam kegiatan tersebut.

“Kami berharap melalui kegiatan ini dapat semakin meningkatkan sinergi antar pemerintah dan swasta untuk bersama sama memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” harapnya.

Kegiatan pelayanan publik mendapat sambutan positif dari masyarakat. Banyak pengunjung yang memanfaatkan kesempatan ini untuk mengurus berbagai keperluan baik terkait Keimigrasian, Kekayaan Intelektual, maupun Administrasi Hukum Umum.(One/01)