Hemmen

Oktoni Eryanto Gelar Bimtek Tingkatkan Ekspor Produk Pertanian

Oktoni Eryanto
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. Oktoni Eryanto MMA menghadiri bimtek (foto:dok Diskominfo Asahan)

ASAHAN, SUDUTPANDANG.ID –Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. Oktoni Eryanto MMA menghadiri Sosialisasi Bimbingan Teknis (Bimtek) Akselerasi Ekspor Produk Pertanian dan Produk Lainnya di Aula Dekranasda Kabupaten Asahan, Kamis (12/10/2023).

Dalam pidatonya Oktoni Eryanto menjelaskan tujuan kegiatan ini adalah peningkatan nilai ekspor komoditas pertanian melalui upaya penguatan aktivitas produksi on farm maupun pasca produksi off farm yang mendorong para pengusaha dan pelaku usaha bidang pertanian untuk terus tingkatkan produksi dan pengembangannya yang berorientasi kepada peningkatan nilai ekspor untuk peningkatan daya dorong perekonomian daerah dan nasional.

“Untuk mencapai hasil yang diharapkan, perlu adanya kesamaan tekad dan aksi antar pemangku kepentingan pembangunan pertanian dari hulu hingga hilir sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing dan didukung oleh balai karantina pertanian yang memiliki peran kesehatan dalam memperlancar proses ekspor, khususnya dalam pemeriksaan produk dan penerbitan sertifikat ,”ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (12/10/2023).

BACA JUGA  Satres Narkoba Polres Asahan Amankan Seorang Wanita Pengedar Sabu

“Upaya peningkatan hasil produksi sektor pertanian harus lebih ditingkatkan, dari penjualan bahan mentah menjadi penjualan produk-produk olahan yang memiliki kualitas dan daya saing, bekerjasama dengan pelaku umkm dan kelompok masyarakat dalam pemasaran hasil sehingga menciptakan iklim kemandirian ekonomi yang kondusif dan kemudahan investasi bagi pengembangan usaha dalam menciptakan lapangan kerja dan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat,”sambungnya.

Oktoni juga menjelaskan Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Pertanian, Dinas Koperasi Perdagangan dan Industri, Dinas Peternakan dan OPD terkait lainnya diharapkan terus berupaya dalam peningkatan produksi dengan tujuan ekspor, kita kembangkan sektor-sektor lain yang memiliki potensi ekspor dengan melakukan peningkatan kualitas produk.

“Oleh karena itu kita permudah jalur masuknya investasi dengan memberikan pelayanan yang baik bagi para pelaku usaha UMKM dan eksportir agar tujuan ini bisa tercapai demi kesejahteraan dan kemandirian ekonomi masyarakat Asahan,” ujarnya.

BACA JUGA  Presiden Buruh Duga Jokowi Sudah Kasih Lampu Hijau Permenaker JHT

“Saya sangat berharap dengan adanya sosialisasi ini mampu menumbuhkan gairah bagi para pelaku usaha baik umkm maupun kelembagaan ekonomi lainnya, para eksportir, dan calon-calon eksportir ke depan untuk bersama menggali potensi komoditi dan produk yang memiliki nilai ekspor yang ada di asahan,”sambungnya.

Sementara Djarot berpesan, agar masyarakat Kabupaten Asahan memanfaatkan potensi Sumber Daya Alam yang dimiliki, agar dapat meningkatkan perekonomian.

“Semangat dalam mengelola Sumber Daya Alam yang ada untuk meningkatkan perekonomian kita,” ungkapnya.(MA/04)

Kesbangpol Banten