Hemmen

Pemilu di Kabupaten Pasuruan, 40.545 Kotak Suara dan Bilik Suara Sudah Dikembalikan ke Kecamatan

Pemilu di Kabupaten Pasuruan
Kotak suara dan bilik suara di Kabupaten Pasuruan, mulai dikembalikan ke kantor kecamatan setelah pencoblosan. (Foto: istimewa)

PASURUAN-JATIM|SUDUT PANDANG.ID –Puluhan ribu kotak suara dan bilik suara Pemilu 2024 di Kabupaten Pasuruan mulai dikembalikan ke kantor kecamatan, usai dipergunakan untuk pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasuruan, Zainul Faizin mengatakan, hari ini seluruh kotak suara maupun bilik suara Pemilu 2024 sudah harus dikembalikan ke kecamatan.

Kemenkumham Bali

Ia menjelaskan, untuk jumlah kotak suara se-Kabupaten Pasuruan sebanyak 22.525 buah. Sedangkan bilik suara mencapai 18.020 buah. Totalnya 40.545 bilik dan kotak suara,” ujar Zainul Arifin dalam keterangannya, Jumat (16/2/2024).

“Semuanya harus sudah dikembalikan ke kecamatan hari ini. Karena begitu rekap selesai di tingkatan TPS, maka langsung dikembalikan ke desa/kelurahan, dan selanjutnya dibawa ke kecamatan,” kata sambung Faizin.

BACA JUGA  JMM: Tayangan Azan Capres Ganjar bukan Politik Identitas

Ia menerangkan, setelah sampai di kecamatan, maka tahapan selanjutnya adalah rekapitulasi penghitungan surat suara di tingkat PPK.

“Sesuai jadwal yang telah ditetapkan KPU Pusat, maka rekapitulasi penghitungan surat suara mulai kecamatan sampai di tingkat KPU Kabupaten/Kota antara rentang waktu 15 Februari sampai 20 maret 2024,” terangnya.

Pantauan di lokasi, pengembalian kotak dan bilik suara dari desa/kelurahan hingga menuju PPK / Kecamatan berjalan lancar.

Di Kecamatan Bangil misalnya. Total ada 1135 kotak suara dan 908 bilik suara yang sudah berada di gudang kecamatan.

Camat Bangil, Fathurrahman menjelaskan, ribuan kotak suara dan bilik suara sudah berada di gudang sejak pukul 13 siang, dan dijaga oleh TNI, Polri dan Linmas.

BACA JUGA  Pemilu 2024 Ancam Kesehatan Penyelenggara

“Alhamdulillah mulai pukul 1 siang, semua kotak suara dan bilik suara sudah diamankan di gudang PPK dan dijaga TNI, Polri dan Linmas,” ucapnya.(Acz/01)