Penertiban PKL di Cengkareng Dinilai Tebang Pilih

Darsuli
Kolase SP

Ketua Umum BII-PKPPRI Darsuli:“Penertiban begini hanya akal-akalan saja. Kalau mau benar-benar menegakkan Perda, jangan tebang pilih. Di tempat lain masih banyak yang semrawut akibat banyaknya PKL yang berjualan di trotoar jalan,”

Jakarta,SudutPandang.id-Penertiban pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang trotoar Jalan Lingkar Luar Barat (Outer Ring Road) Kelurahan Cengkareng Timur, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat dinilai tebang pilih.

IMG-20220125-WA0002

Penertiban PKL tersebut diduga hanya mengikuti pesanan dari oknum-oknum yang memiliki kepentingan.

Hal ini dikatakan Darsuli, Ketua Umum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Badan Investigasi Independen Peneliti Kekayaan Pejabat dan Pengusaha RI (BII-PKPPRI).

“Penertiban begini hanya akal-akalan saja. Kalau mau benar-benar menegakkan Perda, jangan tebang pilih. Di tempat lain masih banyak yang semrawut akibat banyaknya PKL yang berjualan di trotoar jalan,” ujar Darsuli dalam keterangan pers, Selasa (11/2/2020).

Jika alasan penertiban PKL lantaran penyebab kemacetan, Darsuli menyebutkan beberapa wilayah di Kecamatan Cengkareng juga mengalami hal serupa.

“Banyak kok yang sering terjadi kemacetan akibat banyaknya PKL yang dagang di sepanjang trotoar, kenapa hanya hanya di satu tempat saja?” katanya heran.

“Jangan jauh-jauh, di kawasan Jalan Sumur Bor, Bangun Nusa Raya, Jalan Cendrawasih, dan Jalan Bumi Cengkareng Indah yang tepatnya di belakang RSUD Cengkareng masih banyak PKL yang berdagang di trotoar. Satpol PP nggak usah pencitraan dengan menertibkan PKL yang kelihatan saja,” sambung Darsuli.

Ia berharap kepada aparat tidak tebang pilih dalam penegakkan Peraturan Daerah (Perda) Ketertiban Umum. Sehingga masyarakat tidak menilai negatif kepada penindakan atau penertiban kepada PKL yang notabenenya rakyat kecil.

“Kalau mau wilayahnya tertib jangan pilih kasih. Babat ya babat semua, jangan dipilih-pilih mana yang setoran dan mana yang tidak,” tegas aktivis muda yang dikenal vokal ini.

Hingga berita ini ditayangkan, Camat Cengkareng Ahmad Faqih dan Lurah Cengkareng Timur Ardi Muhur belum dapat dikonfirmasi.(gus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.