Percepat Distribusi LPG, Pelabuhan Tanjungpandan Siap Operasikan Fasilitas Pompa Dorong

  • Bagikan
Pelabuhan Tanjungpandan

TANJUNGPANDAN, SUDUTPANDANG.ID – Pelabuhan Tanjungpandan segera mengoperasikan fasilitas pompa dorong untuk kegiatan bongkar komoditi LPG dari kapal tanker ke truk pengangkut yang akan didistribusikan ke stasiun pengisian bahan bakar gas di sekitar Belitung.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan bongkar muat komoditi LPG di Pelabuhan Tanjungpandan.

Dalam persiapan pelaksanaan pengoperasian bongkar LPG, Rabu (9/6/2021), Bupati Belitung, Sahani Saleh, melakukan kunjungan dan melihat secara langsung persiapan pengoperasian bongkar LPG di Dermaga 8 di Pelabuhan Tanjungpandan.

BACA JUGA  Bagikan 30 Ribu Paket Sembako Via SMS, Ini Penjelasan Dirut IPC

Turut mendampingi KSOP Kelas IV Tanjungpandan, Anggiat Dauglas Silitong, GM PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Tanjungpandan, Hambar Wiyadi, GM PT PTP Cabang Tanjungpandan, Ade Affandi dan Direktur Utama PT Energi Laskar Pelangi, Miko.

Menurut GM Pelindo II Cabang Tanjungpandan, Hambar Wiyadi, dengan pengoperasian fasilitas pompa dorong untuk kegiatan bongkar LPG di dermaga 8 Pelabuhan Tanjungpandan akan meningkatkan kecepatan pendistribusian komoditi jenis LPG ini di Kepuluan Belitung.

“Tentunya akan memberikan dampak positif bagi masyakarat di Kepulauan Belitung,” ujar Hambar Wiyadi, dalam keterangan pers kepada Sudutpandang.id, Kamis (10/6/2021).

Hambar menyebut tiga dampak positif pengoperasian fasilitas pompa dorong untuk kegiatan bongkar komoditi LPG di terletak di pelabuhan yang berlokasi di Kepulauan Belitung ini.

“Pertama, disamping kecepatan bongkar LPG, tentunya akan menurunkan biaya logistik untuk jenis komoditi ini, yang sebelumnya distribusi LPG di-supplay menggunakan tabung gas kosong dibawa ke pelabuhan untuk dibawa luar Pulau Belitung untuk mengisi gas/tabung kosong tersebut, dan dibawa kembali ke Belitung melalui pelabuhan untuk distrubusikan ke penyalur/agen,” jelasnya.

BACA JUGA  Penggunaan Single TID di Pelabuhan Tanjung Priok Ditargetkan Maret 2021

“Tentunya dengan fasilitas pompa dorong yang ada di pelabuhan, penyaluran distribusi LPG ini dari kapal tanker didistribusikan ke truk pengangkut LPG dibawa ke stasiun-stasiun pengisian gas LPG,” sambung Hambar.

Kedua, lanjutnya, kecepatan pelayanan distribusi LPG ini tentunya akan berdampak pada harga jual komoditi LPG sampai ke tangan konsumen/masyarakat. Sehingga tidak terjadi lagi kelangkaan komodoti LPG di Kepulauan Belitung yang menimbulkan harga jual LPG menjadi tinggi di tangan masyakarat.

GM PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Tanjungpandan, Hambar Wiyadi

“Ketiga, mengurangi tingkat resiko kerugian, kecelakaan dan kelangkaan komoditas LPG akibat lamanya pengisian tabung gas kosong LPG yang harus dikirim ke luar Pulau Belitung. Mengingat pengiriman tabung/gas kosong dikirim ke luar pulau menggunakan kapal-kapal kecil, khususnya pada musim angin barat menimbulkan gelombang tinggi tentunya akan mengganggu pendiribusian LPD dari dan ke Pulau Belitung,” paparnya.

BACA JUGA  Tahun Ini Jumlah Penumpang Kapal di Pelabuhan Sampit Meningkat

Menurut Hambar, kehadiran pelayanan LPG ini sangat dibutuhkan oleh masyakarat Belitung. Mengingat komoditi ini sering mengalami kelangkaan yang dapat berpengaruh pada harga jual komoditi ini menjadi tinggi.

“Pada akhirmya akan berpengaruh pada tingginya angka inflasi di Belitung, karena harga jual jenis komoditi ini (LPG) menjadi tinggi sampai ke tangan konsumen atau masyarakat,” pungkasnya.(rls/rkm)

BACA JUGA  Terima Donasi Masker N95, Pemkot Jakarta Utara Apresiasi Kepedulian IPC Tanjung Priok
  • Bagikan

Comment