Hemmen

Peringati Ulang Tahun ke-20, Inampa Gelar Seminar Nasional

Indonesian Maritime Pilots' Association (Inampa) menyelenggarakan acara Seminar Nasional bertajuk "Mendigitalisasi Badan Usaha Pelabuhan (BUP) untuk Meningkatkan Kinerja dan Daya Saing” di bilangan Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (14/6/2023).
Indonesian Maritime Pilots' Association (Inampa) menyelenggarakan acara Seminar Nasional bertajuk "Mendigitalisasi Badan Usaha Pelabuhan (BUP) untuk Meningkatkan Kinerja dan Daya Saing” di bilangan Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (14/6/2023) Foto: istimewa

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Indonesian Maritime Pilots’ Association (Inampa) menyelenggarakan acara Seminar Nasional bertajuk “Mendigitalisasi Badan Usaha Pelabuhan (BUP) untuk Meningkatkan Kinerja dan Daya Saing” di bilangan Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (14/6/2023).

Seminar Nasional yang berlangsung secara hybrid ini digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-20 atau dua dasawarsa Inampa.

Kemenkumham Bali

Acara yang dibuka langsung Presiden Inampa, Pasoroan Herman P Harianja ini, diikuti sebanyak 500 peserta secara daring dan 150 orang tatap muka. Terdiri dari para pimpinan BUP seluruh Indonesia, para Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama, Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama, semua KSOP, KUPP di seluruh Indonesia, dan praktisi bisnis kepelabuhanan.

Adapun narasumber seminar ini di antaranya Dirjen Perhubungan Laut Ir. Arif Toha, Deputi Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Bappenas Dr. Vivi Yulaswati, M.Sc, Direktur Kepelabuhan Ditjen Hubla Muhammad Masyhud, S.T.M.T, dan Dirut PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) Akbar Djohan.

BACA JUGA  Pariwisata dan Kopi NTB Siap Menuju Pasar Global

Kemudian Ketua Umum INSA Carmelita, Ketua Umum ALFI Hartoto Yukki Nugrahawan Hanafi, Kaprodi Pasca Sarjana Teknik Perkapalan Institute Teknologi Surabaya (ITS) Raja Oloan Saut Gurning dan Dirut PT Global Intelegensi Indonesia Ivan Tjahjono.

“Seminar Nasional kami selenggarakan ini bertujuan mensosialisasikan pentingnya teknologo digital, sekaligus memperingati ulang tahun ke-20 Inampa,” kata Presiden INAMPA Pasoroan Herman Harianja, saat menyampaikan sambutan.

Menurut Pasoroan Herman Harianja, Inampa turut terlibat dan berkontribusi dalam mensosialisasikan pentingnya teknologi digital di terminal-terminal yang dikelola oleh Badan Usaha Pelabuhan (BUP). Di era Revolusi industri 4.0, dan Societe 5.0 saat ini, pengaplikasian teknologi digital seperti Artificial Intelligence (AI), big data, maupun internet of things (IoT) di terminal sudah menjadi suatu kebutuhan pada umumnya.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk mendorong BUP sebagai upaya untuk membuat terminal-terminal itu lebih efektif, efisien, transparan, inovatif dan kreatif dalam melakukan ekspansi bisnisnya. Selain itu sebagai bentuk meningkatkan daya saing bisnis BUP tersebut di era digitalisasi saat ini,” terang Herman.

BACA JUGA  Perkumpulan Telapak Beberkan Hasil Kajian Tambang Nikel

Manfaat lainnya, lanjutnya, akan memberikan transparansi dan akuntabilitas yang lebih baik bagi terminal. Kemudian terkait Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) bagi pemerintah, khususnya Kementerian Perhubungan (Kemenhub), termasuk simplifikasi dan kemudahan untuk bisnis partner bagi BUP itu sendiri.

“Seminar Nasional ini, nantinya akan memberikan pemahaman yang lebih detail dan komprehensif tentang terminal operation yang meliputi sistem online booking, perencanaan, pemanduan dan penundaan kapal, dan kegiatan terminal petikemas, multipurpose, realisasi operasional, online billing, integrasi dengan ERP, termasuk dengan sistem inaportnet serta monitoring, dan pengawasan PNBP untuk negara,” paparnya.

Indonesian Maritime Pilots' Association ( Inampa ) menyelenggarakan acara Seminar Nasional bertajuk "Mendigitalisasi Badan Usaha Pelabuhan (BUP) untuk Meningkatkan Kinerja dan Daya Saing” di bilangan Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (14/6/2023). Seminar Inampa
Presiden Inampa, Pasoroan Herman Harianja (kiri), saat memberikan doorprize kepada narasumber Dirut PT Krakatau Bandar Samudera (KBS), Akbar Djohan (Foto: istimewa)

Herman berharap dengan terselenggaranya seminar ini akan semakin meningkatkan daya saing industri kepelabuhanan dan menurunkan biaya logistik nasional, sebagaimana yang menjadi harapan semua pihak.

BACA JUGA  Kepala Daerah Berperan Penting dalam Pengembangan Wisata Halal

Ketua panitia Capt. Bambang Muhardono, M.Mar, mengucapkan ucapan terima kasih atas dukungan dari Kemenhub, PT Global Intelegensi Indonesia dan berbagai pihak yang telah mendukung acara, sehingga seminar dapat terlaksana dengan baik.

Acara semakin menarik dengan pembagian door prize yang langsung diserahkan oleh Presiden Inampa Pasoroan Herman Harianja kepada para narasumber dan sebagian para tamu undangan yang mengikuti seminar.(Erfan/01)

Ucapan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H DPP Mahasi