PLN Berhasil Turunkan Gangguan Listrik di 2022 Lebih Dari 25 Persen

Jajaran tim PLN yang bekerja keras dan profesional. PT PLN (Persero) berhasil menurunkan intensitas gangguan kelistrikan pelanggan hingga lebih dari 25 persen sepanjang tahun 2022. FOTO: Humas PLN

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – PT PLN (Persero) berhasil menurunkan intensitas gangguan kelistrikan pelanggan hingga lebih dari 25 persen sepanjang tahun 2022.

“Capaian ini diperoleh dari keberhasilan perseroan dalam menurunkan durasi gangguan per pelanggan hingga 27 persen dan frekuensi gangguan per pelanggan hingga 25 persen,” kata
Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Ahad (11/6/2023).

Kemenkumham Bali

Sebelummya, pada Rabu (7/6), ia juga menyampaikan hal itu saat melaporkan kinerja PLN selama tahun 2022 pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di Jakarta.

Ia mengemukakan capaian ini adalah buah dari transformasi pada sisi layanan pelanggan.

“Dalam situasi pascapandemi kami berhasil menata ulang cara pandang pengembangan bisnis yang dulunya stagnan menjadi dinamis dan forward looking. Proses bisnis yang tadinya berserak juga sudah kami streamlining sehingga pelayanan pelanggan semakin cepat dan memuaskan,” katanya.

BACA JUGA  Hutan Gunung Papandayan di Garut Terbakar, Jalur Pendakian Ditutup

Ia merinci pada tahun 2022 PLN berhasil menurunkan System Average Interruption Duration Index (SAIDI) atau rata-rata durasi gangguan selama 122,8 menit per pelanggan.

Dari target durasi padam selama 586 menit per pelanggan, PLN sukses menurunkannya menjadi 463,2 menit per pelanggan per tahun.

Pada saat bersamaan, PLN juga berhasil menekan System Average Interruption Frequency Index (SAIFI) atau rata-rata frekuensi gangguan sebanyak 1,38 kali per pelanggan.

Sementara itu, target frekuensi gangguan sebanyak 7,0 kali per pelanggan, perseroan sukses menurunkannya menjadi 5,62 kali per pelanggan per tahun.

Menurut dia capaian PLN tersebut tidak terlepas dari transformasi digital di sisi pelayanan pelanggan melalui Super Apps PLN Mobile.

BACA JUGA  Kejari Jakpus Kampanyekan Anti Korupsi dengan Berbagi Kaos

“Dulu, proses bisnis di layanan pelanggan PLN sangat kompleks, berbelit, dan terfragmentasi karena semua dilakukan secara manual. Semua itu teratasi dengan kehadiran PLN Mobile. Bahkan kini pelanggan bisa berkomunikasi langsung dengan kami lewat fitur khusus dalam aplikasi ini,” kata Darmawan Prasodjo. (PR/02)