PLN Raih “PRIA 2023” Lewat Kampanye Penggunaan Kendaraan Listrik Pada Masyarakat

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menerima penghargaan Digital Public Relations Electric Vehicle di ajang Public Relations Indonesia Award (PRIA) 2023 di Denpasar, Bali. FOTO: Humas PLN

DENPASAR, SUDUTPANDANG.ID – Upaya PT PLN (Persero) yang terus mengampanyekan penggunaan Electric Vehicle (EV) atau kendaraan listrik kepada masyarakat berhasil memperoleh penghargaan Digital Public Relations Electric Vehicle di ajang Public Relations Indonesia Award (PRIA) 2023.

“Strategi komunikasi peralihan dari energi berbasis fosil menjadi energi listrik yang ramah lingkungan ini sebagai upaya untuk mempercepat transisi energi di Tanah Air sejalan dengan target Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060,” kata Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam taklimat media yang diterima di Denpasar, Provinsi Bali, Rabu (22/3/2023).

Kemenkumham Bali

Ia mengatakan bahwa salah satu hal penting dalam pengembangan ekosistem EV di tanah air adalah kemudahan akses fasilitas pengisian daya kendaraan listrik.

Untuk itu PLN terus berkolaborasi dengan berbagai pihak memperbanyak pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU), serta ditunjang dengan instalasi “home charging”.

BACA JUGA  Datangi Kantor PLN, Erick Thohir Cek Langsung Soal Pemadaman Listrik

“Inilah wujud komitmen PLN dalam membangun ekosistem kendaraan listrik. Dengan pilihan fasilitas ini, kami harap masyarakat akan semakin dimudahkan dan nyaman beralih ke kendaraan listrik,” katanya.

Tidak hanya dari sisi infrastruktur, kata dia, komitmen PLN dalam menggaungkan kampanye penggunaan kendaraan listrik juga diwujudkan dengan digitalisasi layanan lewat kemudahan akses informasi maupun pembelian motor listrik dengan aplikasi PLN Mobile.

Melalui menu Electric Vehicle Digital Services (EVDS) pada aplikasi tersebut, PLN menyediakan fitur one stop solution yang akan memudahkan masyarakat mendapatkan segala kebutuhan kendaraan listriknya.

“Mau pasang daya, tambah daya, cari SPKLU, sampai membeli motor listrik semua bisa diakses di aplikasi PLN Mobile kami. Masyarakat tak perlu repot lagi, di PLN Mobile semua sudah tersedia,” katanya.

BACA JUGA  Wapres Apresiasi Kinerja PLN Raih 15 Proper Emas dan CEO Green Leadership Utama

Sebelumnya, sebagai bentuk upaya dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat, pada 2022 PLN juga memberikan program layanan Electric Vehicle (EV) Home Charging Services dan Super EVeryday yang diperuntukkan bagi pemilik mobil listrik.

Lewat program ini, pelanggan mendapat manfaat berupa kemudahan pemasangan instalasi Home Charging dan diskon 30 persen untuk pengisian daya kendaraan listrik dari pukul 22.00 hingga 05.00, diskon tambah daya hingga penyambungan baru.

Hingga Januari 2023, upaya PLN dalam mengkampanyekan EV menghasilkan 74.000 ribu percakapan, 8,5 juta interaksi dan 4,8 miliar jangkauan dengan sentimen positif dan netral sebesar 98,1 persen. Dengan hasil dari kampanye kendaraan listrik yang telah dijalankan oleh PLN, menunjukkan bahwa peminat kendaraan listrik mengalami peningkatan yang signifikan.

BACA JUGA  FIFGROUP Kembali Raih Corporate Reputation Awards 2022

“Dengan dukungan PLN Mobile, peminat kendaraan listrik mulai meningkat, dapat terlihat trend yang terjadi di media sosial, bahwa kendaraan listrik mulai dilirik oleh masyarakat luas,” kata Darmawan Prasodjo. (PR/02)

 

 

Tinggalkan Balasan